get app
inews
Aa Read Next : Persediaan Pangan dan Energi di Jateng Dijamin Aman Selama Lebaran 2024

Menko Marves Luhut: Bulog Akan Akuisisi Beberapa Sumber Beras di Kamboja

Selasa, 11 Juni 2024 | 07:46 WIB
header img
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, saat ini pemerintah sudah menugaskan Perum Bulog untuk membeli perusahaan beras dari Kamboja. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pemerintah terus berkomitmen menjaga kebutuhan dan ketersediaan pangan di tengah produktivitas pertanian dalam negeri yang mengalami penurunan akibat perubahan iklim. Oleh karena itu, pemerintah telah menugaskan Perum Bulog untuk membeli perusahaan beras dari Kamboja.

"Bulog akan akuisisi beberapa sumber beras di Kamboja dan Presiden sudah perintahkan saya untuk kita tindak lanjut. Sekarang tinggal kita lakukan due diligence," ujar Luhut dalam acara ulang tahun HIPMI di Jakarta, Senin (10/6/2024).

Luhut menambahkan, saat ini kondisi perekonomian Indonesia terpengaruh konflik yang memanas antarnegara. Hal ini membuat rantai pasok untuk kebutuhan pangan hingga energi mengalami gangguan.

Hal ini berdampak pada harga kedua komoditas itu yang mengalami kenaikan cukup signifikan. Contohnya harga beras, berdasarkan catatan Badan Pangan Nasional (Bapanas), pada tahun ini harga beras dunia sudah berada di angka 670 dolar AS per ton, padahal harga sebelumnya hanya 460 dolar AS per ton.

"Jadi, kompleksitas masalah di Timur Tengah jadi sangat tinggi dan sangat volatil, akan berpengaruh terhadap transportasi, rute barang dan akan bermuara pada harga-harga komoditas energi dan pangan," tuturnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut