get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Daya Saing Bisnis Online, Tokopedia dan TikTok Gelar Pelatihan UMKM Semarang

Tingkatkan Kompetensi, Indobot Academy Gelar Pelatihan Junior Cyber Security Batch 1

Minggu, 16 Juni 2024 | 06:11 WIB
header img
Indobot Academy menggelar Pelatihan Junior Cyber Security Batch 1 secara daring. (IST)

YOGYAKARTA, iNewsSemarang.id - Indobot Academy menggelar Pelatihan Junior Cyber Security Batch 1 secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting.

Pelatihan ini diikuti oleh 8 peserta dengan latar belakang yang beragam, termasuk karyawan instansi dan individu independen. Selama lima hari, peserta mengikuti program yang terdiri dari empat hari pelatihan dan satu hari sertifikasi

Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan dalam memonitor aktivitas jaringan, menganalisis ancaman, serta mengimplementasikan kebijakan keamanan yang efektif.

Dalam pelatihan ini, peserta diajak untuk memahami dasar-dasar jaringan komputer, sistem operasi, dan alat-alat keamanan siber. Melalui kombinasi sesi pemaparan teori dan praktik, mereka belajar bagaimana memantau jaringan dan sistem untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan.

Selain itu, peserta juga dilatih untuk menangani insiden keamanan, termasuk investigasi dan respon terhadap insiden tersebut. Pembelajaran ini bertujuan agar peserta mampu membantu dalam pemeliharaan sistem keamanan dan memastikan perangkat lunak serta sistem tetap diperbarui dan berfungsi dengan baik.

Selama pelatihan, peserta tidak hanya mempelajari materi yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) No. 55 tahun 2015, tetapi juga diberikan tugas proyek dalam setiap pertemuan. 

Tugas ini dimaksudkan untuk mengasah kemampuan peserta dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip keamanan informasi, mengelola prosedur keamanan, serta mengimplementasikan standar-standar keamanan informasi yang berlaku. 

Proyek-proyek yang diberikan dirancang untuk menguji kemampuan mereka dalam mengidentifikasi celah keamanan dan merancang solusi keamanan yang inovatif.

Sertifikasi yang berlangsung pada hari terakhir program menjadi penutup dari rangkaian pelatihan ini. Peserta diminta untuk mempresentasikan hasil proyek mereka di hadapan asesor. Presentasi tersebut menjadi penilaian penting untuk menentukan kelulusan peserta dalam program pelatihan ini. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut