get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Tetapkan 1 Dzulhijjah Jatuh 8 Juni, Idul Adha Senin 17 Juni 2024

Idul Adha 1445 H, Jajaran Polda Jateng Sembelih 176 Sapi dan 215 Kambing

Senin, 17 Juni 2024 | 10:42 WIB
header img
Total 176 ekor sapi dan 215 ekor kambing terkumpul sebagai hewan kurban di seluruh polres jajaran Polda Jateng. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Memperingati Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024, Polda Jateng dan jajaran serentak menggelar rangkaian kegiatan ibadah Sholat Idul Adha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Total 176 ekor sapi dan 215 ekor kambing terkumpul sebagai hewan kurban di seluruh polres jajaran Polda Jateng.

Bertemakan "Idul Adha Meneguhkan Nilai Kepatuhan dan Semangat Pengabdian Polri Guna Mewujudkan Kamtibmas Menuju Indonesia Maju", rangkaian kegiatan Idul Adha tingkat Polda Jateng diawali dengan salat id yang dilaksanakan pada hari Senin, (17/6/2024) pagi di Lapangan Mako Satbrimob Polda Jateng diikuti oleh seribuan jemaah yang terdiri dari PJU Polda Jateng, personil Mapolda dan Satbrimob serta warga sekitar.

Bertindak selaku imam dan khotib dalam kegiatan Sholat Idul Adha adalah K.H. Prof. Dr. Nur Khoirin YD, M.Ag. Dalam ceramahnya, Guru Besar Agama Islam dari UIN Walisongo Kota Semarang tersebut memberikan materi tentang menemukan iman yang sejati, mempertahankan iman saat diuji, dan pengorbanan demi mengokohkan iman itu sendiri.

"Iman tidak datang secara tiba-tiba, namun melalui proses yang panjang dan bersungguh sungguh serta penuh pengorbanan," ungkapnya.

Menurutnya, penyembelihan hewan kurban yang  dilaksanakan ini hanyalah simbolis, namun makna sejatinya adalah bentuk kesediaan kita untuk siap berkorban dalam bentuk apapun, termasuk yang kita cintai sekalipun sebagaimana yang dicontohkan Nabi Ibrahim as.

"Betapapun besarnya cinta kita terhadap anak, harta, pangkat dan jabatan yang disandang, tidak boleh mengalahkan cinta kita terhadap Allah SWT," pesannya.

Di akhir ceramah, dia mengajak seluruh jamaah untuk selalu mensyukuri nikmat Allah SWT agar segala nikmat yang diterima menjadi berkah. Serta selalu meningkatkan kualitas iman dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut