get app
inews
Aa Read Next : Ketua KPU Disanksi Bawaslu karena Terbukti Gelembungkan Suara Partai Golkar

Jadi Game Changer Pemilu 2024, Elite PDIP: Target Demokrat Tercapai, Jika Parpol Lain Buta Politik

Rabu, 23 Februari 2022 | 11:08 WIB
header img
Elite PDIP, Hendrawan Supratikno, menyebut Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief merindukan kejayaan masa lalu. Faktanya, semua parpol tidak buta peta politik. Foto: dok. Sindonews

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Pernyataan Ketua Bappilu Partai Demokrat (PD) Andi Arief soal posisi partainya sebagai 'game changer' pada Pemilu 2024, menyentil kalangan politisi. Salah satunya elite PDIP, Hendrawan Supratikno, menyebut Andi Arief merindukan kejayaan masa lalu.

"Semangat Andi Arief harus kita hargai. Kerinduan kepada kejayaan masa lalu mengendap dalam angan kita. Kita terus berharap masa depan bergerak mengikuti pola siklikal, berulang, bagai roda pedati. Kita hargai pemikiran dan persepsi yang demikian," kata Hendrawan, Selasa (22/2/2022).

Lebih lanjut, Hendrawan mengatakan Pemilu 2024 akan menjadi momen bersejarah karena mayoritas pemilih berasal dari generasi milenial. Fenomena ini tentunya menjadi peluang bagi banyak parpol untuk menjadi “game changer” seperti yang disinggung Andi Arief.

"Menjadi game changer juga merupakan harapan dan target banyak partai. Ini momen sejarah yang tepat karena untuk pertama kali generasi milenial mendominasi suara pemilih. Andi Arief mungkin terilhami buku 'Milenial Membunuh Semuanya," ucapnya.

Terkait target Demokrat menjadi game changer, Hendrawan mengatakan target itu akan terwujud jika parpol lain buta dan tuli membaca perubahan peta politik. Sayangnya, hal itu mustahil. PDIP sendiri menurutnya sama sekali tidak terancam dengan hasil survey yang menempatkan Demokrat di urutan ketiga.

"Target Andi Arief akan tercapai jika parpol lain buta-tuli membaca dan merespons perubahan peta politik ini. Sama sekali tidak. Demokrat adalah mitra kami dalam berlomba membangun peradaban politik ke depan," ujarnya.

Diberitakan, Partai Demokrat berada di urutan ketiga parpol dengan elektabilitas tertinggi menurut survei Litbang Kompas terbaru. Dari hasil ini, Andi Arief kemudian menyampaikan pernyataan terkait kinerja partainya dan 'game changer'.

"Tidak ada rumus ajaib. Hanya kerja keras meyakinkan rakyat yang akan mengubah keadaan," kata Andi Arief, Selasa (22/2/2022).

Andi meyakini angka elektabilitas partai mencapai dua digit atau sebesar 10,7 persen menjadi game changer politik saat ini.

"Kami yakin masuknya Demokrat menjadi dua digit adalah game changer politik saat ini," katanya.

Menurutnya, para kader Demokrat terus diinstruksikan bertemu rakyat untuk menampung aspirasi dan harapan. Termasuk sang Ketum, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, yang berkomunikasi dengan rakyat, kader, tokoh politik, ormas, dan lain-lain. Dia menyebut pihaknya juga seraya terus menjalankan konsolidasi internal.

"Demokrat berprinsip terus mengalir. Para kader diinstruksikan bertemu sebanyak-banyaknya dengan rakyat. Menampung aspirasi dan harapan. Ketum AHY terus berkomunikasi dengan rakyat, kader, tokoh politik, ormas, dan lain-lain," kata dia.

Dia menilai faktor-faktor itulah yang membuat elektabilitas Demokrat melejit. Dia mengatakan pihaknya akan terus menjalankan strategi tersebut.

Berikut ini hasil Survei Litbang Kompas yang digelar pada 17-30 Januari 2022, dengan melibatkan 1.200 responden tersebar di 34 provinsi.

Hasilnya sebagai berikut:
- PDIP 22,8%
- Gerindra 13,9%
- Demokrat 10,7%
- Golkar 8,6%
- PKS 6,8%
- PKB 5,5%
- NasDem 3,5%
- PPP 2,8%
- PAN 2,5%
- Perindo 2,5%
- PSI 0,9%
- Hanura 0,6%
- PBB 0,6%
- Garuda 0,4%
- Lainnya 0,3%

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut