get app
inews
Aa
Read Next : Ketua KPU Disanksi Bawaslu karena Terbukti Gelembungkan Suara Partai Golkar

Kisah Caleg Pengamen Wonogiri, Modal Kampanye Rp100.000 Sukses Raup Suara Banyak di Pemilu 2024

Senin, 26 Februari 2024 | 05:59 WIB
header img
Sosok Kukuh Haryanto, pengamen asal Wonogiri, menjadi perbincangan warganet dan viral di media sosial. (iNews.id)

WONOGIRI, iNewsSemarang.id - Sosok Kukuh Haryanto, pengamen asal Wonogiri, menjadi perbincangan warganet dan viral di media sosial

Ya, meski sebagai pengamen, namun pemuda yang memiliki ciri khas rambut rasta alias gimbal berani maju saat pencalegan di Pemilu 2024. Hasilnya di luar dugaan, Kukuh mampu meraup ribuan suara pemilih.

Kukuh maju dalam pencalonan Caleg untuk DPRD Wonogiri. Kukuh maju dari Dapil 1 yang meliputi Wonogiri Kota, Selogiri, Manyaran, WWuryantoro dan Eromoko. Tanpa ada rasa minder sedikit pun, Kukuh percaya diri bersaing dengan Caleg lainnya yang secara finansial jauh lebih kuat dibandingkan Kukuh.

Kukuh pun bercerita bagaimana awal mula dirinya maju sebagai Caleg partai Demokrat. Ia mengatakan, awalnya dirinya berniat menjadi saksi. Benaknya berubah saat membaca di WA blast. Ternyata di sana juga ada pendaftaran bacaleg. 

Tiba-tiba saja ia membatalkan daftar saksi malah ambil formulir pendaftaran bakal caleg Partai Demokrat. “Sebenarnya yang dikerjakan wakil rakyat itu apa? Saya sangat ingin tahu.Yang kita dengar memang mereka kerja dan ada hasilnya untuk pmbangunan daerah. Harusnya terbuka. Kita udah nyoblos loh, berhak tahu dong kerjaan wakil rakyatnya apaan, Jangan sampaikan yang formal-formal saja,” ungkap Kukuh, Minggu (25/2/2024),

Pria yang sehari-hari mengais rezeki dengan mengamen di kawasan wisata ini trending di TikTok lewat bermusik, akhirnya mendaftar sebagai Caleg. 

Bertekad ingin membuka tabir itu, ia langsung daftar dan penuhi syarat-syaratnya. Lagipula di formulir tak mensyaratkan harus lulusan sarjana. Partai Demokrat Kabupaten Wonogiri juga tak mempersulit dirinya untuk bergabung.

Usai masuk DCT, ia mulai berkoordinasi dengan partai dan akhirnya dipasangkan tandem dengan caleg Demokrat DPRD Jawa Tengah Dapil VI nomor urut tiga, Wawan Haryono dan caleg DPR RI Dapil IV Jateng nomor urut 1 Rinto Subekti. 

Dari situlah ia lebih mudah dikenal. Dari situ pula ia mampu memasang 20 baliho yang tersebar di dapilnya. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut