get app
inews
Aa Read Next : Ukraina Bakal Gabung NATO, Eropa Terancam Serangan Nuklir Rusia

Presiden Putin Jelaskan Alasan Rusia Serang Ukraina

Kamis, 24 Februari 2022 | 16:47 WIB
header img
Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan operasi militer pasukan Moskow untuk melucuti kekuatan militer rezim Kiev yang telah melakukan pelecehan dan genosida terhadap warga Donbass. Foto: AFP

iNewsSemarang.id - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan operasi militer yang dilakukan pasukan Moskow  di wilayah Donbass, Ukraina, sejak Kamis (24/2/2022) dinihari, untuk melucuti kekuatan militer rezim Kiev.

Presiden Putin mengatakan rezim Kiev telah menjadikan Donbas sebagai sasaran pelecehan, genosida selama delapan tahun. Putin menegaskan apa yang dilakukan Moskow untuk demiliterisasi dan denazifikasi Ukraina.

Putin juga menekankan tidak ada ancaman terhadap penduduk sipil.

Terbaru, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengumumkan pertahanan udara Ukraina telah dinetralkan.

"Infrastruktur militer pangkalan udara militer Ukraina telah dimatikan. Pertahanan udara angkatan bersenjata Ukraina telah dinetralkan," ungkap pernyataan Kemhan Rusia.

Kemhan Rusia juga mencatat, “Layanan perbatasan Ukraina tidak menunjukkan perlawanan terhadap pasukan Rusia.”

Kemhan Rusia membantah klaim Ukraina yang melaporkan telah menembak menembak jatuh lima pesawat serta satu helikopter militer Rusia di Luhansk.

Terbaru, penasehat dalam negeri Ukraina melaporkan sebanyak delapan orang tewas dan sembilan luka-luka dalam serangan pasukan Rusia.

Ketegangan di sekitar Ukraina telah meningkat selama beberapa hari terakhir, karena serangan di Donbass oleh militer Ukraina mengakibatkan ribuan orang dievakuasi ke Rusia.

Menyusul seruan dari Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk, Moskow mengakui kemerdekaan mereka dan meratifikasi perjanjian persahabatan dan kerja sama dengan mereka. Rusia berjanji melindungi rakyat Donbass dari segala ancaman.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut