get app
inews
Aa Read Next : Tragis! 2 Bocah Semarang Tewas Tenggelam saat Mancing di Waduk Jatibarang

7 Hari Pencarian 6 ABK KM Soneta Tenggelam di Karimunjawa Tak Ditemukan, Operasi SAR Ditutup

Kamis, 18 Juli 2024 | 04:21 WIB
header img
Operasi pencarian dan pertolongan kecelakaan Kapal Nelayan KM Soneta asal Rembang yang tenggelam di perairan Karimunjawa Kabupaten Jepara pada Selasa (9/7) akhirnya ditutup, Rabu (17/7/2024). (Dok Basarnas)

JEPARA, iNewsSemarang.id - Operasi pencarian dan pertolongan kecelakaan Kapal Nelayan KM Soneta asal Rembang yang tenggelam di perairan Karimunjawa Kabupaten Jepara pada Selasa (9/7) akhirnya ditutup, Rabu (17/7/2024). Operasi SAR dihentikan setelah dilakukan evaluasi bersama.

Penutupan operasi SAR dihadiri steakholder setempat Diantaranya BPBD, POSAL, POLAIRUD, NAVIGASI SROP, HNSI, Pelabuhan Perikanan Pantai, Kepala Desa pemilik kapal dan keluarga korban bertempat di Unit Siaga SAR Rembang 

"Dari laporan yang kami terima Kamis (11/7) sampai hari ini sudah 7 hari. Dari perhitungan SARMAP di hari ke 7 sudah meluas hingga 5179767 Natical Mile. Alut yang kami gunakan untuk melakukan pencarian terbatas dan hingga saat ini belum ada tanda - tanda ditemukan jadi kita sepakati untuk ditutup," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Budiono.

"Imbauan kepada pihak pengusaha kapal untuk menyediakan alat keselamatan seperti pelumpung dan alat Emergency Position Indicating Radio Beacon (EPIRB) jadi apabila terjadi kecelakaan bisa cepat tertolong,” ujarnya. 

Sebelumnya diberitakan, KM. Soneta dengan 16 ABK tenggelam pada selasa dinihari (9/7/2024) pukul 01.30 WIB setelah mengalami kebocoran pada lunas kapal pada bagian bawah mesin tempat baling-baling kapal berada. 

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut