get app
inews
Aa Read Next : Fakta-fakta Mbah Benu yang Viral Menelepon Tuhan, Keturunan Darah Biru hingga Pernah Kuliah di UGM

Kisah Giri, Kehilangan Penglihatan Semester 2 Tetap Lanjut Kuliah, Lulus UGM IPK Tinggi

Sabtu, 26 Februari 2022 | 05:19 WIB
header img
Giri Trisno Putra Sambada yang kehilangan penglihatan lulus di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan IPK yang sangat memuaskan, yakni 3,43.

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Meskipun hilang penglihatannya, namun seorang mahasiswa bernama Giri Trisno Putra Sambada yang berhasil lulus di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan IPK yang sangat memuaskan, yakni 3,43.

Mahasiswa prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut Ia resmi diwisuda pada Rabu (23/2/2022) kemarin. Lulus dengan gelar istimewa tersebut diraih Giri dengan jerih payah dan tidak semudah yang dibayangkan.

Awalnya ia memiliki penglihatan normal namun di tahun 2015 secara tiba-tiba kehilangan penglihatan. Hal itu pun sempat membuatnya terpuruk dah kehilangan motivasi. 

"Saat masuk UGM masih bisa melihat, hingga semester dua, Allah mengambil pengelihatan saya secara total. Seolah runtuh semua cita-cita, hilang semua harapan, seperti tak mungkin lagi menjadi apa-apa," kata dia dikutip dari laman resmi UGM. 

Giri mengisahkan fungsi penglihatannya mulai menurun saat mengikuti perkuliahan di kelas. Tanpa rasa sakit, tiba-tiba penglihatan samar dan berwarna putih. Ia pun didiagnosa mengalami peradangan saraf tanpa penyebab yang belum bisa diketahui. 

Ia mengaku sedih kala itu karena sadar tidak bisa melihat seperti dulu. Bahkan, ia tak tahu bagaimana cara melanjutkan perkuliahan dengan kondisi tersebut hingga akhirnya memutuskan untuk cuti selama lima semester untuk pengobatan. 

Penglihatannya justru semakin memburuk. Giri pun memotivasi diri sendiri bahwa keterbatasan tersebut tidak boleh menghalangi semua mimpinya untuk belajar di bangku perkuliahan. 

“Saya berusaha untuk menunjukkan pada semua orang, meski penyandang disabilitas tapi bisa berprestasi yaitu dengan kembali kuliah,” ucapnya.

 Ia mencoba untuk bangkit dan menerima kenyataan. Dengan semua keterbukaan dari UGM, Giri pun mengikuti pendidikan inklusif hingga dapat lulus.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut