get app
inews
Aa Read Next : Potret Kemeriahan Parade Kendaraan Hias Puncak Hari Jadi Dekranas 2024

Setahun Kepemimpinan Gibran di Solo, Rektor UNS Pernah Keluhkan Soal UMKM dan Begini Hasilnya

Sabtu, 26 Februari 2022 | 10:46 WIB
header img
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Jamal Wiwoho. Foto: uns.ac.id

SOLO, iNewsSemarang.id - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Jamal Wiwoho menilai 1 tahun kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo telah mencatatkan banyak capaian.

Menurutnya putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu cepat dalam melakukan konsolidasi, baik secara internal maupun eksternal.

“Selama 1 tahun Gibran telah berhasil memimpin Kota Solo, terlebih statusnya yang menjadi wali kota termuda. Koordinasi internal yang telah berhasil Gibran lakukan contohnya dalam hal penataan birokrasi di Pemerintahan Kota Surakarta,” kata Jamal Wiwoho, Jumat (25/2/2022).

Sedangkan secara eksternal, sambungnya, Gibran memiliki daya pikat yang mampu menarik banyak tokoh di Jakarta datang ke Solo hanya untuk belajar dengannya.

Prof Jamal melihat kebijakan unggul Gibran ada dalam bidang ekonomi kerakyatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Pernah waktu itu saya mengeluh pada beliau terkait UMKM binaan yang selama pandemi Covid-19 berhenti melakukan ekspor. Kemudian saya meminta Gibran supaya coba dibantu untuk bisa melakukan ekspor kembali. Namun, tidak lama Gibran berhasil membuat UMKM binaan kembali mengeskpor produknya hingga ke Eropa,” ujarnya.

Gibran juga berhasil membangkitkan bidang Pendidikan di Kota Solo selama pandemi Covid-19. Gibran terus-menerus datang ke jenjang pendidikan memberikan suri tauladan tentang pentingnya Pendidikan dalam pandemi Covid-19. Gibran juga menyarankan pelaksanaan belajar mengajar dapat dilakukan secara daring, dan ketika bisa luring harus dilakukan terbatas dan bersyarat.

Rektor menegaskan, Gibran sangat cepat dan tanggap dalam memberikan terobosan yang berdampak luar biasa bagi warga Kota Solo.

Dikatakannya, 1 tahun kepemimpinan Gibran memang belum bisa diukur seberapa besar tingkat keberhasilannya. Namun Prof Jamal meyakini, tahun selanjutnya prestasi yang dapat ditorehkan Gibran akan terus meningkat seiring dengan partisipasi positif publik masyarakat Solo.

“Harapannya kebijakan Gibran dapat lebih sejahtera, guyub, dan adaptif dengan segala perkembangan yang begitu cepat dalam revolusi industri dan era disrupsi ini,” ucapnya.

“Selamat atas 1 tahun kepemimpinan Gibran. Semoga dapat terus berkarya, bermanfaat bagi bangsa dan negara tiada henti,” kata Jamal.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut