get app
inews
Aa Read Next : Ada Latihan Penanggulangan Konflik Sosial Hari Ini, Akses Jalan Simpang Lima Tetap Bisa Dilintasi

Malam Renungan Suci HUT RI, Meneladani Nilai Perjuangan Pahlawan untuk Masa Depan NKRI

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 05:47 WIB
header img
Malam renungan suci jelang HUT ke-79 Kemerdekaan RI di TMP Giri Tunggal Semarang. (IST)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kapolda Jateng Irjen Pol Ribut Hari Wibowo menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal, Kota Semarang, Jumat (16/8/2024) malam hingga Sabtu (17/8/2024) dini hari.

Kegiatan dalam tradisi menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 ini digelar dengan tujuan untuk mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan Kemerdekaan Indonesia.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut dipimpin Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi yang bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). 

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat utama Kodam IV Diponegoro dan Polda Jateng, serta jajaran Forkopimda Provinsi Jateng. Adapun pasukan Upacara terdiri dari gabungan unsur TNI, Polri, dan PNS.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dipimpin Komandan Upacara (Danup). Kemudian, Irup membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci, yang berisi penghormatan mendalam kepada para pahlawan dari berbagai latar belakang, termasuk TNI, Polri, PNS, Pejuang Rakyat, serta para pahlawan tak dikenal lainnya yang telah gugur dalam upaya memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia. 

Usai mengheningkan cipta, rangkaian upacara dilanjutkan dengan prosesi penyalaan obor di tugu peringatan TMP Giri Tunggal. Di penghujung acara, dilakukan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan sebelum diakhiri dengan doa dan laporan Komandan Upacara.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut