get app
inews
Aa Read Next : Sempat Tak Layak Dapat KJMU, Orin Mahasiswi Piatu Pemilik IPK 4 Ditawari 2 Beasiswa

Anak Buruh Ini Sekolah dan Kuliahnya Selalu Beasiswa, Lulus UNY Pun Terbaik 

Senin, 28 Februari 2022 | 19:53 WIB
header img
Riski Oktavianto bersama ibunya menjadi lulusan terbaik UNY. (foto: istimewa)

Selama sekolah dan kuliah, Rizki selalu mengingat pesan ibunya agar suatu saat harus menjadi orang sukses. Agar sukses harus menempuh pendidikan tinggi dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya. 

Lulus SMP dia melanjutkan SMA dibiayai saudara dari orang tua ayahnya. Dia pun harus berpisah dengan ibunya karena tinggal di Gunungkidul bersama kakeknya. Sedangkan ibunya di Bantul untuk bekerja. 

Sekolah di SMAN 1 Wonosari, Rizki hanya menggunakan sepeda ontel. Saat itu dia sudah berprestasi dan ikut OSN Ekonomi Akuntansi. Setiap semester selalu mendapat tiga besar ranking paralel, hingga saat lulus mendapatkan predikat sebagai lulusan terbaik jurusan IPS.  

Semasa SMA, Rizki mendapatkan lingkungan pertemanan dan lingkungan sekolah yang sangat suportif. Namun, di lingkungan keluarga tempat tinggalnya mengalami verbal bullying.  

“Saya sempat mengalami tekanan mental karena verbal bullying di lingkungan tempat tinggal, tetapi oleh guru saya didorong hingga diterima di UNY,” katanya.  

Semasa kuliah dia banyak memanfaatkan waktu untuk menyeimbangkan sisi akademik dan nonakademik. Setiap semester dia mendapat IP minimal 3,8. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut