get app
inews
Aa Read Next : Hari Tanpa Bayangan Akan Kembali Terjadi di Indonesia, Kapan?

Ini Tanda-tanda Gempa Dahsyat Megathrust 2024 yang Diprediksi Bakal Guncang Indonesia

Selasa, 20 Agustus 2024 | 11:39 WIB
header img
Ilustrasi gempa bumi. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Berikut ini tanda-tanda gempa dahsyat megathrust 2024 yang diprediksi bakal mengguncang Indonesia. Isu gemba megathrust ini menjadi viral di media sosial serta banyak dibicarakan oleh warganet. 

Megathrust merupakan daerah pertemuan lempeng tektonik yang bisa menyebabkan gempa besar dan tsunami kuat. Zona ini bisa mengalami gempa berulang dengan jeda waktu ratusan tahun. 

Berikut ini tanda -tanda gempa dahsyat megathrust 2024 yang diprediksi bakal mengguncang Indonesia dilansir Earthquakescanada: 

1. Pergerakan tanah
Perubahan pergerakan tanah perlu diwaspadai. Apalagi, gempa bumi megathrust juga menyebabkan tanah longsor bawah laut dari landas kontinen ke laut dalam. Endapan tanah longsor dapat dikenali dari sampel inti yang diambil dari dasar laut.

2. Durasi gempa cukup lama
Guncangan gempa bumi, dalam frekuensi yang merusak bangunan, meningkat hingga maksimum antara gempa berkekuatan 7 dan 8, maka guncangan tersebut hanya melibatkan area yang lebih besar hanya sebentar. Namun, durasi guncangan untuk gempa megathrust jauh lebih lama.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut