get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Semarang Intens Upayakan Langkah-langkah Antisipasi Dampak Kekeringan

Ratusan Ribu Warga Jateng Terdampak Kekeringan, BPBD Salurkan 7 Juta Liter Air Bersih

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 07:54 WIB
header img
Petugas BPBD menyalurkan air bersih kepada warga terdampak kekeringan di Rowosari Tembalang Semarang. (foto IG @nurchamim_23)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Setidaknya 7.019.000  liter air bersih disalurkan kepada 34.248  keluarga yang terdiri atas 113.931  jiwa yang terdampak kekeringan di sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Jumlah tersebut berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah  per 21 Agustus 2024. Ratusan ribu warga tersebut tersebar di 24 kabupaten/kota, 96 kecamatan, dan 208 desa. 

Hingga Agustus 2024, sebanyak 32 pemerintah kabupaten/kota di Jawa Tengah sudah menetapkan status siaga darurat kekeringan dan dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana meminta kepada semua bupati dan walikota di wilayahnya untuk mewaspadai kekeringan, mengingat sudah memasuki musim kemarau

Kewaspadaan itu perlu lebih ditingkatkan untuk daerah-daerah yang memiliki riwayat kebakaran lahan, hutan, dan tempat pembuangan akhir (TPA).

"Kami sudah lakukan rapat kordinasi dan terus memantau perkembangan di masing-masing kabupaten/kota. Kita juga mengevaluasi kejadian-kejadian tahun lalu, jangan sampai terjadi kembali seperti kebakaran di TPA," kata Nana Sudjana saat ditemui di kantornya, Jumat, 23 Agustus 2024.

Menurut Nana, secara teori tidak ada kebakaran yang tiba-tiba,  tetapi pasti ada penyebabnya. Untuk itu, bupati dan wali kota diminta untuk terus mengawasi dan menjaga TPA di tempatnya.

Ia mengaku, akan terus menjalin koordinasi dengan bupati dan wali kota, terutama yang lokasi TPA-nya pernah terbakar.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut