get app
inews
Aa Read Next : Penampakan Udara Konvoi Ribuan Mahasiswa Menuju DPRD Jateng

Ribuan Mahasiswa Demo di Kampung Halaman Jokowi, Sempat Duduki Kantor DPRD

Kamis, 29 Agustus 2024 | 07:27 WIB
header img
Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi memantau langsung demo ribuan mahasiswa di depan Kantor DPRD Surakarta, Rabu (28/8) malam. (Ist)

SOLO, iNewsSemarang.id - Ribuan mahasiswa gabungan BEM Solo Raya dan Koalisi Indonesia Melawan (KIM) menggelar demo di depan Kantor DPRD Kota Surakarta Rabu (28/8/2024) sore, berlangsung kondusif dan tertib. 

Meski para peserta sempat menduduki halaman DPRD untuk menyampaikan tuntutan, para peserta tetap menjaga suasana kondusif.

Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam menjaga ketertiban selama aksi berlangsung.

Sebanyak 750 personel gabungan dikerahkan untuk memastikan keamanan, namun yang paling penting, menurutnya, adalah kerjasama yang baik antara petugas dan peserta aksi.

“Kami bersama Pak Dandim senantiasa memantau situasi. Setelah berkoordinasi dengan rekan-rekan koordinator lapangan (korlap), kami memberikan ruang bagi peserta aksi untuk menyampaikan aspirasi mereka di halaman gedung DPRD selama 20 menit, dengan syarat tetap menjaga ketertiban,” jelasnya.

Kombes Pol Iwan Saktiadi menekankan bahwa tidak ada tindakan anarkis yang terjadi selama aksi berlangsung. "Alhamdulillah, aksi ini berjalan dengan damai dan sesuai dengan waktu yang disepakati. Kami, sebagai pelayan masyarakat, berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan memastikan bahwa hak-hak masyarakat dalam menyampaikan aspirasi tetap terjaga sesuai ketentuan undang-undang," ujarnya.

Mengenai adanya kericuhan kecil di luar gedung DPRD, Kapolresta menjelaskan bahwa hal tersebut hanyalah kesalahpahaman di antara peserta aksi yang tidak saling mengenal, dan sama sekali tidak melibatkan petugas.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut