get app
inews
Aa Read Next : Perhatikan! Ini Tips Aman saat Mengisi BBM di SPBU

Pertalite dan Pertamax akan Dihapus, Diganti BBM Low Sulfur

Jum'at, 13 September 2024 | 11:10 WIB
header img
BBM jenis Pertalite dan Pertamax direncanakan akan dihapus dari peredaran. (ilustrasi/IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Pertamax direncanakan akan dihapus dari peredaran. Kedua jenis tersebut nantinya akan diganti dengan BBM low sulfur.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin mengatakan, BBM low sulfur akan diproduksi baru oleh PT Pertamina (Persero) lewat penambahan teknologi. BBM tersebut juga akan mendapatkan subsidi.

"Nanti yang sulfur tinggi per daerah akan dihilangkan. Namun akan ada subsidi yang low sulfur, apakah dinamakan pertalite, pertamax subsidi dan lainnya," ujarnya dalam media briefing di Kantor Kemenko Marves, Kamis (12/9/2024).

Kaimudin memastikan harga BBM low sulfur akan sama dengan harga pertalite yang akan dihapus. Nantinya, pemerintah akan memberikan kompensasi kepada Pertamina akan adanya penambahan biaya untuk memproduksi BBM low sulfur.

"Saya tidak tahu namanya apa (BBM baru low sulfur), tapi bensin yang kotor ini akan kita hilangkan, tapi untuk harganya akan sama. Namanya apa kita masih belum tahu, itu terseah Pertamina nanti. Tapi intinya kita mau menghilangkan BBM low sulfur di Indoensia," jelasnya.

Lebih lanjut, Kaimudin menjelaskan BBM low sulfur akan diproduksi oleh PT Pertamina dengan memberikan tambahan suntikan modal kerja. Sehingga penambahan biaya produksi ini tidak berdampak pada peningkatan harga jual di pasar.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut