get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Kota Semarang Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dan Luncurkan Peta Kerawanan Pemilu

Beri Layanan Kesehatan Jajarannya, Kanwil Kemenkumham Jateng Adakan Pemeriksaan DNA HPV

Jum'at, 20 September 2024 | 18:09 WIB
header img
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan DNA HPV bertempat di Poliklinik Kantor Wilayah, Jumat (20/9/2024). Foto: Dok

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah mengadakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan DNA HPV bertempat di Poliklinik Kantor Wilayah, Jumat (20/9/2024).

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng Tejo Harwanto melalui Kepala Sub Bidang Pelayanan Tahanan Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi, Khrisna Murti, menyebut pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari upaya Kemenkumham Jawa Tengah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada jajarannya. 

“Kanwil Kemenkumham Jateng berkomitmen untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin,” kata Khrisna.

“Kegiatan pemeriksaan Kesehatan ini juga sebagai upaya melakukan deteksi awal kanker serviks yang merupakan penyebab kematian nomor satu bagi wanita di Indonesia,” sambungnya.

Selain itu, pemeriksaan kali ini juga termasuk skrining Tuberculosis (TB) sebagai upaya percepatan penanggulangan TBC sebagai komitmen Kemenkumham dalam rangka eliminasi TB.

Khrisna menambahkan, pemeriksaan kesehatan ini juga berkolaborasi dengan Puskesmas Bugangan, di mana Puskesmas Bugangan melakukan pemeriksaan meliputi skrining kesehatan dasar, pemeriksaan kolesterol, asam urat, trigliserid serta gula darah.

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Ahli Muda, Dokter Nina menjelaskan pemeriksaan DNA HPV ini merupakan deteksi dini kanker rahim yang perlu dilakukan bagi wanita, khususnya bagi wanita dengan usia reproduktif maupun yang sudah berusia di atas 40 tahun.

“Selain pemeriksaan rutin ada juga pemeriksaan khusus bagi wanita, seperti yang dilaksanakan pada hari ini yaitu pemeriksaan DNA HPV,” terang dr Nina.

Ia mengimbau bagi jajaran Kemenkumham untuk melakukan pemeriksaan pemeriksaan DNA HPV secara rutin. Hal ini agar pendeteksian kanker rahim dapat ditangani sedini mungkin sehingga proses penyembuhannya akan lebih optimal.

“Sobat pengayoman khususnya bagi wanita sebaiknya secara rutin melakukan pemeriksaan DNA HPV karena pencegahan itu lebih baik dari mengobati. Mari menjaga organ reproduksi kita sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut