get app
inews
Aa Read Next : Maria Felicia Slamet Riyono dan Mohamad Pramanda Salih Terpilih Denok Kenang 2024

Mulai Rp500 Ribu, Inilah 10 Jurusan Kuliah Termurah di UGM dan PTN Lain 

Selasa, 08 Maret 2022 | 05:59 WIB
header img
Ada beberapa jurusan di UGM dan PTN lain yang bertarif biaya murah (Foto: Inews.id)

JAKARTA. iNewsSemarang.id - Salah satu yang perlu dipertimbangkan dalam memilihi jurusan kuliah adalah besaran biaya kuliah. Besaran tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT) dapat berbeda-beda di tiap kampus, serta disesuaikan pula kemampuan ekonomi mahasiswa. 

Nah, Berikut ini 10 jurusan kuliah termurah di Indonesia dirangkum Okezone yang bisa dipertimbangkan saat memilih jurusan kuliah :

1. Jurusan Teknik Pengairan
 Jurusan teknik pengairan menghasilkan ahli di bidang pengairan. Jurusan ini termasuk langka karena hanya terdapat di dua kampus, yakni Universitas Brawijaya Malang dan Institut Teknologi Bandung.

Ilmu yang dipelajari pada jurusan ini diterapkan misalnya untuk perencanaan sistem jaringan irigasi dan perencanaan pembangkit tenaga listrik. Jurusan Teknik Pengairan Universitas Brawijaya menetapkan uang kuliah mulai dari Rp500.000 hingga Rp7.000.000.

2. Jurusan Ilmu Perpustakaan
Ilmu tentang mengelola perpustakaan, mulai dari pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen, hingga mengelola informasi agar buku/dokumen mudah ditemukan, akan dipelajari di jurusan ilmu perpustakaan.

Ada beberapa perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini, seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Universitas Brawijaya. Uang kuliah Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro mulai dari Rp500.000.

3. Jurusan Teknologi Bioproses
Jurusan teknologi bioproses adalah jurusan yang mempelajari pemanfaatan mikroorganisme (biomassa) untuk proses dalam skala industri yang menghasilkan keuntungan. 

Mata kuliah yang diberikan di jurusan ini juga ada yang terkait dengan ilmu kimia, karena jurusan ini pada dasarnya menggabungkan ilmu bioteknologi dan teknik kimia. Universitas Indonesia memiliki jurusan teknologi bioproses dengan biaya antara Rp500.000-Rp7.500.000 per semester.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut