Logo Network
Network

Ratu Kalinyamat, Putri Raja Demak Jadi Bupati Jepara, Penyebab Terpenggalnya Kepala Arya Penangsang

Avirista Midaada
.
Minggu, 20 Maret 2022 | 16:43 WIB
Ratu Kalinyamat, Putri Raja Demak Jadi Bupati Jepara, Penyebab Terpenggalnya Kepala Arya Penangsang
Sosok Ratu Kalinyamat, bupati pertama Jepara. Foto: Wikipedia

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Sosok Ratu Kalinyamat menjadi legenda bagi masyarakat Jepara, Jawa Tengah. Putri bangsawan Demak, Sultan Trenggana, atau cucu dari Raden Patah sang pendiri kasultanan Demak, lahir dengan nama Retna Kencana. Ia menjadi bupati pertama Jepara (1536-1569).

Kebesaran Ratu Kalinyamat pernah digambarkan penulis Portugis Diego de Couto, sebagai “Rainha de Japara, senhora paderosa e rica” yang berarti Ratu Jepara, seorang wanita kaya dan sangat berkuasa, dikarenakan selama 30 tahun kekuasaannya ia telah berhasil membawa Jepara ke puncak kejayaannya (Diego de Couto, 1778-1788).

Ratu Kalinyamat yang dikenal berani, tegas, dan tidak pernah takut mati ini kelak yang menjadi penyebab terpenggalnya kepala Arya Penangsang.

Suatu ketika Ratu Kalinyamat mendatangi Sunan Kudus untuk menanyakan kematian kakaknya, Sunan Prawata yang merupakan raja keempat Kerajaan Demak.

Dikutip dari buku "Perempuan-Perempuan Tangguh Penguasa Tanah Jawa" karya Krishna Bayu Adji dan Sri Wintala Achmad, Ratu Kalinyamat menemukan keris Kiai Betok milik Sunan Kudus menancap pada jasad kakaknya, Sunan Prawata.

Dia lantas menuju Kudus bersama suaminya, Pangeran Hadiri untuk meminta penjelasan kepada Sunan Kudus terkait kematian sang kakak. Oleh Sunan Kudus, Ratu Kalinyamat mendapat keterangan bahwa kematian Sunan Prawata adalah suatu kewajaran, karena ia pernah membunuh Pangeran Sekar Seda Lepen yang merupakan ayah Arya Penangsang.

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.