Logo Network
Network

Elan Vital UKM Kampus

Moh. Miftahul Arief
.
Kamis, 31 Maret 2022 | 18:56 WIB
Elan Vital UKM Kampus
Usman Ro'in. (Foto: ist)

SEMARANG. iNewsSemarang.id - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) memiliki fungsi signifikan terhadap pengembangan bakat dan hobi. Apalagi, mahasiswa akan berpredikat kuliah-pulang, kuliah-pulang (kupu-kupu) bila tidak bergabung di UKM. 

Jenis hobi menulis, bermusik, olah raga, cinta alam, berbahasa dan lain sebagainya, akan terasah dan berkembang bila bersedia aktif di UKM. 

Hadirnya ragam wadah kegiatan mahasiswa di perguruan tinggi menjadi alternatif pilihan mahasiswa untuk menyalurkan hobinya secara benar. Sudah saatnya pula, hobi yang dimiliki mahasiswa tidak lagi dipendam. Melainkan disalurkan lewat wadah kegiatan mahasiswa agar bisa membanggakan almamater kampusnya.

Dalam bidang kepenulisan sebagai misal, yang hobi menulis bisa mengasah keterampilan menulisnya. Mulai dari berita, artikel, resensi buku, esai, cerpen, puisi dan lainnya hingga mahir. 

Selanjutnya, bila terdapat kompetisi di kampus dan antara kampus baik tingkat regional, nasional, hingga internasional, bisa ikut berpartisipasi. Hal yang sama juga berlaku pada jenis UKM kampus lainnya.

Bagi kampus sendiri, keberadaan UKM mempermudah klasifikasi mahasiswa berbakat sebagaimana hobinya. Karena tidak mungkin, kampus mengembangkan kreatifitas mahasiswa pada satu bidang saja. Kreatifitas mahasiswa yang heterogen perlu disalurkan secara benar. 

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.