get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Kota Semarang Akan Tambah Tiga SMP Negeri pada 2025

Achmad Noe’man Arsitek Seribu Masjid, Perancang Masjid Salman ITB Hingga Mimbar Al Aqsa

Minggu, 17 April 2022 | 18:28 WIB
header img
Perancang pertama masjid tanpa kubah Masjid Salman ITB adalah karya pertama lulusan arsitektur ITB ini.

“Pada periode itu Noe'man mencetuskan ide pembangunan masjid di kawasan kampus ITB. Alasannya sederhana, saat itu para mahasiswa harus berjalan sejauh 2,5 kilometer untuk menuju masjid,” bunyi keterangan resmi ITB.

Waktu berjalan. Masjid itu pun berdiri. Presiden Soekarno menamai tempat ibadah umat Islam di kampus Ganesha itu dengan sebutan Masjid Salman. Masjid ini terbilang monumental. Noe’man sang arsitek dengan ide berani memelopori pembangunan masjid tanpa kubah, sesuatu yang dianggap tak lazim kala itu. Rancangannya pun menjadi perhatian luas.

“Penerapan ideologi arsitektur modern namun tidak menghilangkan syariat Islam. Achmad Noe’man berhasil membangun masjid bersifat kontemporer. Kesederhanaan yang sengaja diciptakan untuk mendukung kegiatan Islami, sesuai dengan pemikiran beliau bahwa ‘keheningan’ (diwujudkan dengan ‘sepi’ ornamen) akan menghadirkan Zat yang Maha Kuasa,” kata Utami dalam tulisannya, Dinamika Pemikiran dan Karya Arsitektur Masjid Achmad Noe’man.

Karya-Karya Monumental

Selepas merancang Masjid Salman ITB, Noe'man mulai aktif merancang arsitek berbagai masjid di Indonesia lainnya, bahkan di dunia. Salah satu pendiri Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ini merancang arsitektur masjid khas yang tersebar di berbagai daerah seperti Aceh, Bontang, hingga Makassar.

Selain Masjid Salman yang ikonik, karya sosok muslim taat ini tercatat mendesain Masjid Taman Ismail Marzuki Jakarta, Masjid Al-Ghifari IPB Bogor, Masjid PT Pupuk Kujang, Masjid Al-Furqan UPI Bandung, dan Masjid Komplek Perumahan Pramuka Cibubur Jakarta merupakan beberapa buah karya No'eman.


Masjid Salman ITB menjadi karya pertamanya, merupakan masjid pertama di tanah air dengan desain tanpa kubah.

Karya lainnya yaitu Masjid Attin yang dibangun untuk mengenang Tien Soeharto dan Masjid Al Markaz Al Islami di Makassar. Masjid terakhir itu dibangun atas gagasan mantan Panglima ABRI/Menhankam Jenderal TNI M Jusuf.

Di luar negeri, Noe'man tercatat juga sebagai perancang mimbar Masjid Al Aqsa di Palestina pada 1993 hingga 1994. Dia juga perancang Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan. Prestasinya yang sangat gemilang, mengantarkan Noe'man menjadi anggota Dewan Kurator ketika Bayt Al-Qur’an dan Museum Istiqlal TMII Jakarta didirikan.

“Berbagai pencapaian Noe'man adalah inspirasi yang sepatutnya menjadi teladan. Berkontribusi melalui kapasitas pribadi dengan dedikasi tinggi bagi Indonesia dan dunia,” kata ITB.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut