get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Nurdin Hakim Usman, Raup Omzet Ratusan Juta dari Bisnis Top Up Game Online

Kisah Sukses Pendiri Rokok HM Sampoerna, Yatim Piatu dari Kecil Pernah Jualan di Gerbong Kereta

Kamis, 09 Juni 2022 | 12:17 WIB
header img
Liem Seeng Tee, anak yatim piatu yang sukses dirikan rokok HM Sampoerna. Foto: Dok Sampoerna

 

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Sebuah kesuksesan tak mungkin datang tanpa sebuah perjuangan dan kerja keras. Seperti kisah perjuangan dan kerja keras pendiri rokok HM Sampoerna, Liem Seeng Tee yang sukses membuat PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk atau Sampoerna exis hingga saat ini. Perusahaan rokok yang didirikan Liem menjadi salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Kesuksesan PT HM Sampoerna Tbk tak bisa lepas dari sejarah pendirinya. Meski mayoritas sahamnya kini dipegang Philip Morris International sebesar 92,5 persen.

Ceritanya, Liem Seeng Tee yang saat itu berusia 5 tahun bersama ayah dan kakak perempuannya hijrah ke Indonesia dari Desa Anxi, Fujian, China dengan menumpang kapal dagang. Sementara ibunya telah meninggal dunia.

Dalam perjalanannya ketika tiba di Singapura, sang kakak diadopsi. Kemudian mereka melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Namun ayahnya sakit keras dan enam bulan kemudian meninggal dunia.

Liem yang sempat dititipkan kepada keluarga sederhana di Bojonegoro melanjutkan hidupnya sebagai anak yatim piatu. Liem hidup bersama keluarga barunya yang penuh dengan keterbatasan. Namun dia banyak mempelajari ilmu-ilmu dasar berdagang hingga bisa hidup mandiri.

Saat berusia 11 tahun, Liem memutuskan untuk pergi dari keluarga angkatnya. Liem yang telah menjadi belajar menghidupi dirinya sendiri dengan cara berjualan di gerbong kereta jurusan Jakarta-Surabaya.

Dari hasil jualan, dia mengumpulkan uang untuk membeli sebuah sepeda. Kemudian pada 1912, Liem menikah dengan Siem Tjiang Nio. Demi mencukupi kebutuhan hidup, mereka menyewa sebuah warung kecil di Jalan Tjantian di kawasan kota tua, Surabaya. 

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut