Menteri ESDM Sebut Kebutuhan Indonesia untuk Nuklir Mulai Tahun 2040

Heri Purnomo
Ilustrasi teknologi nuklir untuk pembangkit tenaga listrik (Ist)

BOGOR, iNewsSemarang.id - Pemerintah Indonesia saat ini masih mempertimbangkan tawaran kerja sama dengan Rusia terkait pengembangan insdutri pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, selain Rusia, pihaknya juga menerima tawaran serupa dari sejumlah negara.

"Kami lihat nanti mana yang kompetitif dan reliable. Kebutuhan untuk nuklir baru akan dimulai tahun 2040 berdasarkan peta jalan energi yang telah kami susun," kata dia saat diwawancarai di sela Rapat Kerja Bersama Kementerian ESDM dan Kementerian Perindustrian di Bogor, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Senin (4/7/2022).

Arifin menuturkan, Indonesia memiliki bahan baku yang dibutuhkan untuk pengembangan listrik dari nuklir dan permintaan listrik bersih ke depan. Dia menekankan agar pemintaan listrik harus aman dan teknologi nuklir juga harus proven.

Dia menjelaskan, dalam tempo 20 tahun ke depan, banyak negara juga akan menerapkan dan memanfaatkan teknologi nuklir. Tentu saja teknologi nuklir tersebut akan semakin terbukti aman.

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya menyampaikan ketertarikan perusahaan dari negaranya untuk mengembangkan industri listrik nuklir di Indonesia usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Putin mengungkapkan, perusahaan energi Rusia bernama Rosatom State Coorporation yang punya pengalaman, kompetensi, hingga teknologi bersedia terlibat dalam proyek bersama pengembangan industri energi nuklir di Indonesia.

Editor : Sulhanudin Attar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network