Kisah Heroik Riyanto, Anggota Banser yang Tewas karena Ledakan Bom di Malam Natal

Abdul Malik Mubarok
Anggota Banser Riyanto, yang meninggal dunia karena terkena ledakan bom saat menjaga Gereja di Mojokerto. Foto : ist

JAKARTA, iNewsSemarang.idRiyanto kini telah tiada, tapi namanya akan terus dikenang sebagai sosok pemberani setelah melakukan aksi heroik. Riyanto meninggal dunia setelah berusaha mengamankan bungkusan bom, pada malam Natal, 24 Desember 2000 yang akhirnya meledak.

Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) menghembuskan napas terakhir saat bertugas menjaga Gereja Jemaat Pantekosta Indonesia karena mengalami luka parah akibat ledakan bom. Peristiwa itu bertepatan dengan Ramadan hari ke-21.

Saat itu, ketika waktu berbuka puasa tiba, Riyanto meminta izin berbuka bersama rekan-rekan anggota Banser lainnnya sekaligus mempersiapkan penjagaan di gereja.

"Riyanto juga izin untuk tidak pulang pada malam harinya. Ia ingin beriktikaf di masjid selepas menjaga gereja," tulis Twitter @GUSDURians dikutip, Jumat (23/12/2022).

Riyanto menjaga Gereja Eben Haezer bersama tiga rekannya. Riyanto mendapat laporan adanya benda mencurigakan di depan gereja dari jemaat pada pukul 20.30 WIB.

Bentuknya bungkusan tas plastik dan tas berisi kado di bawah telepon umum depan gereja. Riyanto kemudian berinisiatif mengambil dan menyerahkan ke polisi yang berjaga.

Setelah dicek ternyata bungkusan plastik itu berisi bom. Petugas yang berjaga kemudian meminta semua menjauh dan tiarap. Namun Riyanto justru memeluk dan membawa lari benda itu menjauh dari gereja.

"Saat berusaha mengamankan itulah, bom meledak. Tubuhnya terpelanting sejauh 30 meter. Tak lama kemudian bom kedua juga meledak," tulis @GUSDURians.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network