Banyak Makan Korban, Ini Kata Dokter Spesialis tentang Lato-Lato yang Digandrungi Anak-anak

Kevi Laras
Permainan Lato-lato sempat bikin heboh masyarakat Indonesia karena banyak dimainkan anak-anak dengan dampak negatif yang kurang disadari. Foto/Ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Belakangan ini sejumlah kasus anak terluka akibat Lato-lato terus bertambah. Hal ini disebabkan karena minimnya pemahaman masyarakat tentang dampak negatif dan resiko dari permainan yang sempat menghebohkan ini.

Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak, dr Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K) mengatakan bahwa tidak semua anak bisa memainkan Lato-lato. Minimnya pemahaman orang tua untuk keamanan bermain, membuka celah terjadinya lebam/dampak buruk pada anak.

Dimulai dari memumpuni atau tidaknya anak tersebut bermain Lato-lato. Kemudian bahan dari permainan lato-lato, dilihat apakah mudah pecah jika saling membentur kedua bolanya.

"Tentunya kita harus melihat kemampuan anak ini perkembangannya anak, apakah sistem motornya yang halus sudah dan cukup baik berlatih untuk melakukan permainan lato-lato," kata dr Bernie dalam Media Briefing bersama IDAI tentang Permainan Anak secara online, Minggu (15/1/2023).

Terlebih balita, banyak anak balita yang tidak boleh, melihat dan membiarkan dia bermain Lato-lato, memang kemampuan motornya belum baik," tambahnya. 

Berapa usia ideal anak yang boleh memainkan Lato-lato? 

Editor : Agus Riyadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network