Miliki Segudang Prestasi, Inilah 4 Wartawan Paling Terkenal di Indonesia

Rilo Pambudi
Wartawan terkenal di Indonesia yang punya banyak prestasi, Najwa Shihab (Foto: Istimewa)

Serta tak boleh lupa juga pada duo pendiri Intisari dan Kompas, yakni Jakob Oetama dan PK Ojong. Keduanya sangat berpengaruh dalam sumbangsihnya terhadap kemajuan dunia pers di Indonesia. 

Lantas, bagaimana dengan wartawan Indonesia sekarang-sekarang ini? Dewasa ini, kita juga tidak kekurangan jurnalis-jurnalis ulung yang cukup berpengaruh dan memiliki banyak prestasi. Beberapa di antaranya dirangkum oleh iNews.id pada Kamis (9/2/2023).

4 Wartawan Terkenal di Indonesia yang Punya Banyak Prestasi

1. Najwa Shihab

Najwa Shihab adalah jurnalis, presenter, aktris, feminis, serta aktivis berkebangsaan Indonesia yang namanya tentu sudah tidak asing lagi. Ia dikenal secara luas setelah membintangi acara Mata Najwa.

Karier perempuan berusia 45 tahun itu di bidang kewartawanan telah dirintis cukup panjang. Sempat berkarier di RCTI, ia kemudian bergabung dengan Metro TV pada 2001.

Dari menjadi reporter di Metro TV, dia kemudian diangkat menjadi pembawa berita dalam sejumlah program berita prime time seperti Metro Hari Ini hingga Suara Anda. Ia kemudian memiliki program gelar wicara sendiri yang sangat terkenal yakni Mata Najwa pada tahun 2010.

Setelah undur diri pada 2017, Mata Najwa kembali hadir di Trans7. Najwa Shihab kemudian mendirikan perusahaan beritanya sendiri yakni Narasi pada tahun 2018. 

Secara prestasi, ia pernah memperoleh penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya untuk laporan-laporannya dari Aceh ketika bencana tsunami Desember 2004. Liputan dan laporannya dianggap memberi andil bagi meluasnya kepedulian dan empati masyarakat luas terhadap tragedi kemanusiaan itu.

Pada 2006, Najwa terpilih sebagai Jurnalis Terbaik Metro TV, dan masuk nominasi Pembaca Berita Terbaik Panasonic Awards. Di tahun yang sama, Najwa bersama sejumlah wartawan dari berbagai negara terpilih menjadi peserta Senior Journalist Seminar yang berlangsung di sejumlah kota di AS. Ia juga menjadi pembicara di Konvensi Asian American Journalist Association.

Tahun 2007, pengakuan terhadap profesionalisme semakin diakui di dalam negeri dan mancanegara. Selain kembali masuk nominasi Pembaca Berita Terbaik Panasonic Awards, ia masuk nominasi 5 besar Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs/Talk Show Presenter.

Editor : Maulana Salman

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network