Hari Peduli Sampah Nasional, Komisi C Berikan Apresiasi kepada Petugas Kebersihan

Agus Riyadi
Anggota Komisi C DPRD Kendal saat memberikan pembekalan kepada petugas kebersihan diacara peningkatan SDM Dinas Lingkungan Hidup.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2023, anggota DPRD Kendal memberikan apresiasi yang tinggi kepada para petugas kebersihan yang ada di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kendal. Apresiasi ini diberikan lantaran para petugas kebersihan dalam setiap harinya harus bergelut dengan sampah untuk menjaga kebersihan Kabupaten Kendal.

"Kami sangat berterimakasih sekali. Tak dapat kami bayangkan akan jadi seperti apa Kota Kendal ini jika sehari saja para petugas kebersihan ini libur. Tentu sampah akan berserakan dimana-mana," kata anggota Komisi C DPRD Kendal, Khusnul Khatimah usai acara Peningkatan kapasitas SDM Dinas Lingkungan Hidup untuk Penghijauan dan Kebersihan di Hutan Klorofil Kendal, Selasa (21/2/2023).

Khusnul Khatimah juga menyoroti terkait masalah penghijauan di Kabupaten Kendal. Menurut dia, progam penghijauan sangat penting digalakkan mengingat sebagian kawasan di Kabupaten Kendal telah banyak beralih fungsi. 

"Penghijauan ini penting sekali. Di Kendal bagian atas sangat penting karena bisa mencegah longsor. Di Daerah Kendal bawah ya sama, karena banyak lahan sawah sekarang sudah berubah menjadi kawasan industri dan perumahan," ungkapnya.

Apresiasi kepada petugas kebersihan juga datang dari Hj Rosidah yang juga anggota Komisi C DPRD Kendal. Dia mengaku tak dapat membayangkan betapa besar jasa para petugas kebersihan dalam menjaga Kabupaten Kendal agar tetap bersih.

"Jasa para petugas kebersihan ini sangat luar biasa," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Komisi C DPRD Kendal, H Nasri mengatakan, para petugas kebersihan merupakan garda terdepan dalam menyelamatkan lingkungan di Kabupaten Kendal.

"Bisa kita bayangkan, jika sehari saja para petugas kebersihan ngambek, tentu esok harinya kita akan mencium bau busuk sampah dimana-mana. Karena sampahnya tidak dibersihkan," ucapnya.

Dikatakan Nasri, pekerjaan membersihkan sampah merupakan pekerjaan mulia yang tidak sembarang orang mau melakukannya. Oleh sebab itu, dia mengajak kepada para petugas kebersihan untuk menambahkan niat ibadah dalam menjalankan pekerjaannya agar hasil yang didapatkan lebih berkah.

Kepada para petugas kebersihan, Nasri juga membeberkan 3 cara dalam mengolah sampah. Diantaranya yakni, reduce, reuse dan recycle. Artinya, penanganan sampah dapat dilakukan dengan cara mengurangi, menggunakan ulang dan mendaur ulang.

"Tiga cara ini dapat dilakukan oleh siapa saja untuk menangani permasalahan sampah," tandasnya.

 

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network