Cari Kandidat Terbaik, PKB Kendal Persyaratkan Bacaleg Lolos Fit And Proper Test

Agus Riyadi
Ketua DPC PKB Kendal, Muhammad Makmun saat membuka uji kelayakan dan kepatutan Bacaleg di kantor DPC PKB Kendal. (iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Kendal berupaya memasang kader-kader terbaiknya untuk maju sebagai calon legislatif (Caleg) di Pemilu 2024 mendatang. Upaya mencari kader terbaik dilakukan dengan menggelar Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) atau Fit And Proper Test bagi Bacaleg DPRD Kabupaten Kendal.

UKK yang diikuti seluruh Bacaleg dari 6 Daerah Pemilihan (Dapil) ini digelar di Kantor DPC PKB Kendal, Sabtu (1/4/2022).

Di UKK ini, para Bacaleg satu persatu harus menjawab seluruh pertanyaan dari 3 orang panelis yang dihadirkan di fit and proper test. Ketiga panelis tersebut yakni, Rois Syuriyah PCNU Kabupaten Kendal, KH Danial Royyan, Mantan Sekda Kendal, Muh Toha dan Sugiharto selaku praktisi hukum.

Diantara pertanyaan dari panelis dalam fit and proper test yakni, mengapa mencalonkan diri dan apa yang diinginkan setelah menjadi anggota DPRD Kendal. Selain itu, para Bacaleg juga diminta untuk menjabarkan ideologi organisasi dan sejarah berdirinya PKB. 

Ketua DPC PKB Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, UKK merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui para Bacaleg sebelum menjadi kontestan di Pemilu 2024.

"Kami mengharap dengan UKK ini, caleg yang terpilih menjadi seorang yang benar-benar layak dan pantas sebagai seorang anggota legislatif," kata Muhammad Makmun.

Menurut Makmun yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kendal, kelayakan dan kepatutan dari Bacaleg dapat dinilai dari seberapa mereka berupaya memperjuangan nilai-nilai perjuangan di partai yang berideologi ahlussunah wal jamaah ini. 

"Karena, nilai-nilai perjuangan yang ada di ahlussunah wal jamaah Nahdlatul Ulama (NU) merupakan sesuatu hal yang wajib diperjuangkan saat mereka terpilih menjadi anggota legislatif," jelas dia.

Editor : Agus Riyadi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network