5 Kampung Unik Viral 2023, Nomor 1 Ada di Wonogiri Jateng

Vien Dimyati
Deretan kampung unik viral 2023 di Indonesia. (IST)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Berikut ini 5 kampung unik viral di tahun 2023 yang membuat banyak masyarakat penasaran. Perkampungan tersebut memiliki keunikan dari sisi tradisi, budaya, hingga lokasinya yang terpencil. 

Kampung unik ini tersebar di berbagai daerah Tanah Air, salah satunya ada di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng). Di sini terdapat perkampungan terpencil yang menakjubkan. 

Hampir semua penduduk di perkampungan ini memiliki rumah mewah padahal mereka adalah pedagang bakso.

Masih banyak kampung unik lainnya yang akan membuat masyarakat takjub. Penasaran, di mana saja kampung unik viral sepanjang 2023 ini? Berikut ulasannya 

1. Kampung Unik di Wonogiri 
Kampung unik viral di 2023 pertama ada di Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri. Anda akan sedikit dibuat takjub melihat deretan rumah bertingkat nan megah di area perkampungan. Ternyata, diketahui pemiliknya merupakan para juragan bakso.

2. Kampung Belanda di Garut 
Kampung Belanda ini diketahui berada di Garut, Jawa Barat. Tepatnya, di tengah-tengah hamparan pegunungan antara Gunung Papandayan dan Cikuray. Terletak di kawasan Perkebunan Teh Dayeuh Manggung, Kampung Belanda ini berjarak sekitar 19 kilometer dari pusat Kota Garut.  Jarak tempuh dari pusat kota menuju ke kampung tersebut yakni membutuhkan waktu sekira 45 menit menggunakan kendaraan. Kampung Belanda ini memiliki deretan rumah khas perkampungan. Menurut informasi dari salah satu warga, yakni Fatimah, ayahnya yang bernama Andre Joseph pernah tiga kali menikah, dan masing-masing istri memiliki dua hingga tiga anak. Para keturunan dari Andre Joseph tersebut menghuni Kampung Belanda dari kecil hingga usia senja. Bahkan, banyak yang masih hidup sampai sudah mempunyai cucu.

3. Kampung Unik di Cirebon 
Kampung unik di Cirebon ini bernama Kampung Kaputihan yang terletak di Desa Kertasari, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Keunikan dari kampung ini adalah semua bangunan rumah warga terbuat dari kayu. 

Bukan tanpa alasan, meskipun bangunan rumah dengan material kayu terbilang biasa, tetapi warga Desa Kaputihan tetap mempertahankan tradisi leluhur yang telah berlangsung ratusan tahun lalu. Mayoritas rumah yang ada di sini tampak seperti rumah gubuk yang dindingnya tidak menggunakan tembok selayaknya rumah pada umumnya. 

Usut punya usut, hal ini dikarenakan mitos serta kepercayaan dari masyarakat sekitar yang meyakini ketika membangun rumah dengan tembok, maka penghuninya akan sering sakit-sakitan bahkan hingga dapat meninggal dunia! Selain memiliki rumah yang terbuat dari gubuk, suasana di desa ini juga sangat asri dan damai. Warganya hidup bahagia dengan menerapkan tradisi turun-temurun. 

4. Kampung Unik di Bali 
Perlu diketahui, selama ini Bali dikenal dengan tradisi dan kebudayaannya yang kental, serta mayoritas masyarakatnya adalah Hindu. Namun tahukah Anda, di Pulau Dewata ini terdapat perkampungan bernama Gelgel yang merupakan Desa Islam tertua. Kampung Gelgel berlokasi di Klungkung, Bali. 

Desa Islam tertua ini konon sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit. Dulunya, desa ini hanya dihuni oleh 40 prajurit Majapahit yang merupakan seorang muslim. Meskipun menjadi desa Islam tertua, kini kampung tersebut ditinggali masyarakat mayoritas Hindu, sebanyak 98,27 persen. Sementara untuk penduduk muslimnya ada di urutan kedua, yakni 1,00 persen. 

5. Kampung Unik di Banten 
Kampung unik viral terakhir ada di Banten. Kampung unik di Banten menjadi salah satu wisata budaya yang paling menarik perhatian wisatawan luar daerah. Tempat tersebut ada di Desa Saba Budaya, Baduy. 

Keunikan desa ini adalah penduduk yang tinggal di kawasan sekitar adalah sub-etnis asli suku Sunda yang dalam bahasa sunda disebut dengan Urang Kanekes atau Badui. Mereka tinggal di wilayah pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. 

Masyarakat Badui hingga kini juga masih mempertahankan, bangunan rumah tradisional yang menggunakan material alami yang disebut dengan Sulah Nyanda. Rumah adat ini menggunakan material alami seperti, kayu dan bambu. Dalam pembuatannya, juga dilakukan secara gotong royong. 

Menariknya lagi, rumah adatnya dibangun mengikuti kontur tanah. Berada di sini, Anda akan merasakan suasana layaknya tahun 1980-an. Itulah kampung unik viral 2023 yang bisa Anda kunjungi sekali dalam seumur hidup. Suasana yang terdapat di perkampungan tersebut akan membuat siapa saja betah.


 

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network