Ustadz Khalid Basalamah Akhirnya Minta Maaf Soal Wayang Kulit, Asal Usul Wayang Kulit Bagaimana Sih?

Puti Aini Yasmin
Wayang. Foto: Antara

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Hari-hari ini media diramaikan pemberitaan wayang kulit tengah karena sebuah potongan video memperlihatkan Ustadz Khalid Basalamah mengatakan bahwa wayang harus dimusnahkan. Sebenarnya, sejarah wayang kulit berasal dari mana? 

Kontroversi wayang kulit tersebut membuat Ustadz Khalid Basalamah memberikan klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf. Menurutnya, tidak ada ada pernyataan yang mengharamkan wayang. 

 Ia hanya menjelaskan bahwa wayang bukanlah tradisi dalam Islam. Sehingga, sebaiknya jangan menjadikan tradisi dalam Islam dan sebaliknya jadikan Islam sebagai tradisi. 

"Video ini teman-teman, kami buat untuk klarifikasi sekaligus permohonan maaf atas potongan pertanyaan yang diajukan salah satu jamaah beberapa tahun lalu di Masjid Blok M di Jakarta, dan sekaligus jawaban kami tentang masalah wayang," tutur Khalid dalam akun Instagram pribadinya, Selasa (15/2/2022). 

 "Saya mengatakan alangkah baiknya, dan kami sarankan, kami sarankan agar menjadikan Islam sebagai tradisi, jangan menjadikan tradisi sebagai Islam. Dan tidak ada kata-kata saya di situ mengharamkan (wayang)," sambung dia. 

Sejarah Wayang Kulit Berasal dari.. 

Melansir buku 'Mengenal Kesenian Nasional 1 Wayang' karya Kustopo wayang kulit berasal dari sejak zaman dahulu. Bahkan, wayang sudah ada sebelum kebudayaan Hindu masuk di Indonesia. 

Kala itu, pertunjukan wayang masih hanya berupa cuwilan gambar yang diceritakan. 

Namun, wayang mulai berkembang di zaman Hindu Jawa. Pertunjukan wayang pun menjadi ritual upacara keagamaan orang Jawa yang berakar dari kepercayaan animisme dan dinamisme. 

Diketahui wayang mulai sangat digemari dan dikembangkan oleh Raja Jayabaya dari Kerajaan Mamenang atau Kediri. 

Editor : Moh.Miftahul Arief

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network