PDIP Kota Semarang Bersiap Memulai Tahapan Penjaringan Pilwalkot 2024

Arni Sulistiyowati
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendar Prihadi. (Foto: Dok)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - PDI Perjuangan Kota Semarang bersiap membuka pendaftaran penjaringan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Semarang untuk pilkada serentak tahun 2024.

Pembukaan pendaftaran tersebut dijadwalkan akan mulai dibuka bertepatan dengan hari jadi Kota Semarang ke-477 yaitu pada tanggal 2 Mei 2024 hingga 11 Mei 2024. Sedangkan untuk pengembalian formulir sendiri bisa dilakukan mulai tanggal 13 Mei 2024 sampai 18 Mei 2024.

Hendrar Prihadi selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang pun menekankan jika penjaringan bakal calon walikota dan wakil walikota oleh partainya terbuka untuk umum. Untuk itu diharapkan siapapun yang ingin mencalonkan diri dari PDI Perjuangan agar dapat memperhatikan tahapan - tahapan yang telah ditentukan. Hal itu disampaikan Hendi usai dirinta menghadiri kegiatan pengukuhan pengurus IKASPEGA di Hotel Grasia Semarang, Minggu (21/4).

"Kami sudah mendapatkan surat dari dewan pimpinan pusat untuk melakukan penjaringan bagi kawan - kawan yang ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah dari PDI Perjuangan. Untuk itu kemudian kami susun timeline untuk tahapan - tahapan penjaringannya, dari mulai pengumuman, pendaftaran, verifikasi berkas, sampai kemudian kami kirimkan ke DPP," ungkap mantan Walikota Semarang yang saat ini menjabat sebagai Kepala LKPP RI itu.

Di sisi lain, Hendi menekankan belum munculnya nama dari PDI Perjuangan Kota Semarang untuk pemilihan walikota semarang 2024 karena proses penjaringan baru akan dibuka pada tanggal 2 Mei 2024.

"Ya belum (memunculkan nama), kan belum dibuka pendaftaran. Nanti kalau setelah dibuka pendaftarannya, lalu sudah mulai ada yang mendaftar, kita akan infokan ke teman-teman media," pungkasnya.

Senada, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan hingga saat ini pihaknya belum melakukan komunikasi politik dengan siapapun terkait Pilwalkot Semarang 2024. Hal ini karena PDI Perjuangan Kota Semarang belum membuka pendaftaran penjaringan.

"Belum ada, karena kan prosesnya belum dimulai," tuturnya.

Sementara itu, Kadarlusman yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Semarang tersebut mengungkapkan jika PDI Perjuangan akan menjalin komunikasi dengan semua parpol untuk membuka peluang berkoalisi, meski PDI Perjuangan dapat mencalonkan sendiri dengan raihan 14 kursi di DPRD Kota Semarang.

"Potensi mengusung sendiri sebenarnya bisa, tapi kita buka koalisi. Komunikasi sudah tiap hari ketemu dengan ketua partai di DPRD," ujar pria yang akrab disapa Pilus itu.

Editor : Maulana Salman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network