Kementan Salurkan Bantuan 10.000 Alat Mesin Pertanian kepada Petani Jateng

Ahmad Antoni
Mentan Andi Amran Sulaiman didampingi Pj Gubernur Jateng, Pangdam IV/Diponegoro, Wakapolda Jateng saat penyerahan bantuan 10.000 Alsintan) di Lapangan Makodam Diponegoro, Selasa (23/4/2024). Foto A.Antoni

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Kementerian Pertanian (Kementan) mendistribusikan bantuan 10.000 alat mesin pertanian (alsintan) dan pupuk kepada para petani di Jawa Tengah

Pemberian bantuan Alsintan diserahkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Lapangan Makodam IV Diponegoro, Selasa (23/4/2024).

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana optimis produksi pangan di wilayahnya tahun ini meningkat. "Jawa Tengah ini salah satu provinsi penyangga kebutuhan pangan nasional. Kita berharap dengan adanya tambahan (alsintan, bibit, dan pupuk) tadi, insyaallah (hasil panen bertambah) sekitar 1,2 juta sampai 1,5 juta ton," kata Nana Sudjana.

Sebagai provinsi penyangga ketahanan pangan nasional, pada tahun 2023 lalu produksi panen padi di Jawa Tengah mencapai 9,08 juta ton gabah kering giling (GKG). Jumlah itu setara dengan 5,22 ton beras.

"Berdasarkan capaian tahun 2023 itu, kami optimis bisa kembali melanjutkan tren peningkatan produktivitas tahun 2024. Kami laporkan, bahwa perkiraan produksi sampai dengan April 2024 sebesar 3.534.046 ton," jelas Nana.

Bantuan 10.000 alsintan ini terdiri atas pompa air, cultivatior, hand sprayer, rice transplanter, traktor, dan rehab jaringan irigasi. 

"Atas nama forkopimda dan masyarakat Jawa Tengah, mengucapkan terima kasih dan apresiasi dengan adanya bantuan berupa alat pompa, traktor, atau alsintan yang diberikan oleh Menteri Pertanian. Ini bentuk atensi juga dari Presiden RI," imbuhnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network