Begini Kisah Turunnya Surat Ali Imran Ayat 190-191 hingga Nabi Muhammad SAW Menangis

Kastolani Marzuki
 Asbabun nuzul atau sebab turunnya Surat Ali Imran ayat 190-191 menarik untuk dikaji karena penuh hikmah dan menambah ketakwaan kepada Allah. Foto: SINDOnews

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Asbabun nuzul atau sebab turunnya Surat Ali Imran ayat 190-191 menarik untuk dikaji karena penuh hikmah dan menambah ketakwaan kepada Allah.

Kedua ayat tersebut berisi tentang tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang berakal. Kedua ayat ini bahkan membuat Nabi Muhammad SAW menangis ketika menerima wahyu tersebut.

Surat Ali Imran (Keluarga Imran) termasuk surat Madaniyyah, yaitu surat yang turun di Kota Madinah sewaktu Nabi Muhammad SAW hijrah ke kota tersebut. Surat Ali Imran terdiri dari 200 ayat dan turun setelah surat Al-Anfal.

Lantas, bagaimana sebab turunnya kedua ayat tersebut? Sebelum mendapatkan jawabannya, berikut adalah bunyi Surat Ali Imran ayat 190-191 lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan artinya:

Surat Ali Imran Ayat 190-191

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ
الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: Inna fī khalqis-samāwāti wal-arḍi wakhtilāfil-laili wan-nahāri la'āyātil li'ulil-albāb(i).Al-la؟īna ya؟kurūnallāha qiyāmaw wa qu‘ūdaw wa ‘alā junūbihim wa yatafakkarūna fi khalqis-samāwāti wal-arḍ(i), rabbanā mā khalaqta hā؟ā bāṭilā(n), subḥānaka fa qinā ‘a؟āban-nār(i).

Artinya: Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. Maha Suci Engkau. Lindungilah kami dari azab neraka.(QS. Ali Imran: 190-191.

Sebab Turunnya Surat Ali Imran Ayat 190-191

Pada kitab Lubaabun Nuqul Fi Asbabin Nuzul karangan Jalaluddin as-Suyuti, Surat Ali ‘Imran ayat 190-191 diturunkan guna menjelaskan bukti kaum Yahudi mengklaim kefakiran Allah SWT.

Ibnu Abbas pada riwayat Ath-Thabrani dan Ibnu Abi Hatim mengatakan bahwa “orang-orang Quraisy mendatangi orang-orang Yahudi dan bertanya kepada mereka, apa tanda-tanda yang dibawa Musa kepada kalian?”

“Tongkat dan tangan yang putih bagi orang-orang yang melihatnya.” kata orang-orang Yahudi.

Kemudian orang-orang Quraisy itu datang kepada orang-orang Nasrani dan bertanya “apa tanda-tanda yang diperlihatkan Isa?”

“Dia dulu menyembuhkan orang yang buta, orang yang sakit kusta dan menghidupkan orang mati," jawab orang-orang Nasrani.

Orang-orang Quraisy lalu mendatangi Nabi SAW dan berkata "Berdoalah kepada Tuhanmu untuk mengubah bukit shafa menjadi emas untuk kami."

Setelah itu, Rasulullah berdoa kepada Allah dan turunlah ayat 190-191. Ayat 190 menjelaskan penciptaan langit dan bumi yang hikmahnya hanya dirasakan oleh ulul albab, yaitu orang-orang yang mengingat Allah SWT.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network