8 Fakta Demo Mahasiswa Semarang di DPRD Jateng Ricuh, Nomor 6 Mencekam

Tim InewsSemarang.id
Detik-detik mahassiswa merobohkan gerbang pintu belakang sisi utara Gedung DPRD Jateng. (IST)

4. Sempat Dicegah, Massa Robohkan Gerbang
Petugas dari Sat Samapta Polrestabes Semarang kemudian mengalihkan pengamanan ke belakang gedung DPRD Propinsi. Petugas berupaya mencegah massa merusak dan merobohkan gerbang pintu belakang, namun pada sekitar pukul 12.15 WIB gerbang dirobohkan massa pengunjuk rasa.

5. Polisi Tembakkan Water Canon dan Gas Air Mata
Imbauan persuasif yang terus menerus disampaikan oleh petugas kepolisian agar massa menenangkan diri dan membubarkan aksi tidak diindahkan. Hingga akhirnya massa yang terus merangsek berupaya masuk ke halaman gedung DRPD dihalau oleh petugas menggunakan semprotan water canon dan gas air mata.

6. Massa Berlari Semburat Menghindari Tembakan Gas Air Mata
Tindakan tegas dan terukur tersebut berhasil membubarkan massa yang berlari ke arah air mancur Jalan Pahlawan dan kawasan Taman Indonesia Kaya. Polisi pukul mundur massa hingga ke arah Jalan Imam Bardjo. Suasana memanas, beberapa mahasiswa nekat melawan polisi yang mengejar mereka. Polisi kembali ke belakang gedung DPRD Jateng.

7. Sejumlah Mahasiswa Sesak Nafas hingga Pingsan
Komite Aksi Kamisan Semarang Iqbal Alma mengatakan, sebagian besar mahasiswa mengalami sesak nafas dan pingsan karena terkena gas air mata, satu mahasiswa Undip bahkan terluka bagian hidup terkena peluru gas air mata. Tim Kuasa Hukum pengunjuk rasa di Jateng Arief Syamsudin mengatakan memantau kondisi para mahasiswa yang mengalami luka dan dirawat di sejumlah rumah sakit.

8. Mahasiswa Terluka Dirawat di Sejumlah RS
Dilaporkan 26 mhasiswa mengalami luka-luka dan dirawat di sejumlah rumah sakit. Di antaranya RS Roemani Muhammadiyah, RS Telogorejo, RS Hermina Pandanaran dan RS Kariadi. Namun beberapa mahasiswa yang luka sudah pulang.

Editor : Ahmad Antoni

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network