JAKARTA, iNewsSemarang.id - Pendaftar CPNS yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dalam pengumuman hasil seleksi administrasi perlu mengetahui syarat-syarat ajukan sanggah CPNS 2024.
Seleksi tes CPNS 2024 telah memasuki tahapan pengumuman hasil seleksi administrasi. Bagi yang dinyatakan lolos akan melanjutkan perjuangan menuju tes SKD, sementara pendaftar yang tidak lolos masih memiliki kesempatan untuk mengajukan sanggah.
Untuk diketahui, pengajuan sanggah bisa dimanfaatkan pendaftar apabila menjumpai kekeliruan dalam proses verifikasi data oleh instansi dan membuatnya dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).
Sebelumnya, ada beberapa syarat pengajuannya yang perlu diketahui. Syarat Ajukan Sanggah CPNS 2024 Mengacu pada buku Petunjuk Pendaftaran Calon ASN 2024, peserta yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) memiliki hak untuk mengajukan sanggah.
Proses sanggah ini dimaksudkan untuk memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi selama proses verifikasi oleh instansi atau verifikator. Namun, pengajuan sanggah ini bukan menjadi akses bagi peserta untuk memperbaiki kesalahannya sendiri.
Berikut syarat-syarat pengajuan sanggah CPNS 2024:
1. Mengajukan sanggah dalam waktu yang ditentukan
Biasanya, masa sanggah akan berlangsung selama tiga hari sejak pengumuman. Bagi peserta yang ingin mengajukan sanggah diwajibkan melakukannya selama periode waktu tersebut.
2. Proses sanggah hanya dilakukan jika kesalahan berasal dari verifikator
Satu hal penting, proses sanggah hanya dilakukan untuk menyanggah hasil verifikasi instansi yang salah, bukan dari kesalahan yang dilakukan pelamar. Jadi, apabila kesalahan berasal dari peserta langsung, Anda tidak perlu mengajukannya karena sudah pasti ditolak.
3. Gunakan alasan yang benar saat ajukan sanggah Syarat mengajukan sanggah berikutnya adalah alasan yang diajukan pelamar harus benar, realistis dan tidak mengada-ada. Pada kolom sanggah nanti, silahkan masukkan alasan tersebut.
4. Hanya satu kesempatan sanggah
Masa sanggah memang berlangsung selama tiga hari. Namun, peserta hanya diperkenankan mengajukan sanggah sebanyak satu kali saja. Maka dari itu, saat mengajukan sanggah, pastikan alasan atau pernyataan yang ditulis sudah benar dan sesuai. Segala bentuk ketidaksesuaian akan memiliki konsekuensi sendiri.
5. Ajukan sanggah lewat SSCASN
Proses pengajuan sanggah dapat dilakukan melalui portal SSCASN, tepatnya pada halaman Resume Pendaftaran. Peserta yang dinyatakan TMS bisa memilih tombol "Ajukan Sanggah" yang terletak di bawah informasi pengumuman hasil seleksi administrasi.
Editor : Ahmad Antoni
Artikel Terkait