Indeks Pembangunan Statistik Meningkat, Pemkab Kendal Terima Apresiasi dari BPS

Agus
Pemkab Kendal menerima apresiasi dari BPS terkait capaiannya dalam EPSS.(IST)

 

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Pemerintah Kabupaten Kendal mendapatkan apresiasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia atas komitmen dan capaiannya dalam menyelenggarakan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024. 

Apresiasi ini diberikan saat peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2024 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Kamis (26/9/2024).

Perlu diketahui bahwa kegiatan EPSS merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan penyelenggaraan statistik sektoral di Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menghasilkan suatu nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

Besarnya nilai IPS (skala 1-5 point) menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan penyelenggaraan statistik sektoral di Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Kategori nilai IPS terdiri dari 5 level dengan predikat masing masing level (kurang, cukup, baik, sangat baik dan memuaskan).

Disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal, Ardhi Prasetiyo, bahwa niai IPS Kabupaten Kendal tahun 2024 sebesar 2,97 point (predikat baik) meningkat 1,11 point jika dibandingkan nilai IPS tahun 2023 sebesar 1,86 point (predikat cukup). 

"Alhamdulillah hari ini Pemerintah Kabupaten Kendal mendapatkan apresiasi dari BPS RI, atas meningkatnya nilai IPS yang sangat signifikan 1,11point. Nilai IPS tahun 2023 sebesar 1,86 dan di tahun 2024 menjadi 2,97," ujar Ardhi usai menerima apresiasi dari BPS RI.

Menurut Ardhi, hal itu sebagai bukti keseriusan Pemkab Kendal dalam melaksanakan penyelenggaraan statistik  sektoral di Kabupaten Kendal.

Kepala BPS Kabupaten Kendal Ade Sandi Parwoto yang juga hadir dalam acara itu mengatakan,  terkait dengan penilaian, untuk nilai rata-rata IPS tingkat Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia tahun 2023 secara nasional, yaitu 1,66 (predikat kurang). Artinya dari tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Kendal telah mendapatkan nilai IPS diatas rata-rata Pemkab se-Indonesia.

"Hasil EPSS tahun 2024 dengan nilai IPS yang meningkat drastis menjadi komitmen dan kolaborasi bersama Pemkab Kendal melalui Dinas Kominfo selaku wali data, Baperlitbang selaku koordinator Forum Satu Data Indonesia (SDI) dan OPD produsen data yang menjadi lokus penilaian EPSS Tahun 2024 (Dispermasdes dan DP2KBP2PA) untuk mewakili Pemkab Kendal," kata Ade.

Ia juga berharap kerja sama yang baik antara Pemkab Kendal dan BPS Kendal akan terus dilakukan, untuk melakukan pembinaan dan penyelenggaraan Statistik Sektoral yang optimal demi tersedianya data sektoral yang dibutuhkan oleh Pemkab, sehingga memenuhi kaidah statistik dan prinsip-prinsip Satu Data Indonesia (SDI) 

"Tentunya dengan kerja sama yang baik akan menghasilkan penyelenggaraan statistik sektoral lebih optimal, sehingga proses pembinaan dan pembelajaran bersama bisa menjadi pijakan dan kesinambungan untuk kegiatan penyelenggaraan statistik sektoral tahun berikutnya," tegasnya.

 

Editor : Agus Riyadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network