Unnes Gandeng JVIC China Bangun Jembatan Budaya lewat Pertukaran Mahasiswa

Ahmad Antoni
Unnes memperluas jaringan kerja samanya dengan berbagai institusi internasional. Salah satunya dilakukan dengan me-launching Zheng He College hasil kolaborasi dengan Jiangsu Vocational Institute of Commerce (JVIC) China. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Universitas Negeri Semarang (Unnes) memperluas jaringan kerja samanya dengan berbagai institusi internasional. Salah satunya dilakukan dengan me-launching Zheng He College hasil kolaborasi dengan Jiangsu Vocational Institute of Commerce (JVIC) China.

Kolaborasi ini dinilai sebagai langkah penting untuk memperkuat pendidikan lintas budaya dan pertukaran akademik.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Bisnis & Hubungan Internasional Unnes, Prof. Dr. Nur Qudus, MT, IPM menjelaskan bahwa kolaborasi ini bagian dari proses interaksi budaya yang memperkaya pengalaman mahasiswa dan memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

Kerja sama antara Unnes dan JVIC membawa manfaat baik, khususnya dalam memperkenalkan budaya dan pendidikan Bahasa Mandarin. Sebanyak 38 mahasiswa asal Tiongkok selama seminggu mengikuti pelatihan soft skill seperti membatik dan berkenalan dengan budaya Jawa Tengah,” jelasnya saat diwawancarai di Ruang Senat Rektorat Unnes, Kota Semarang, Selasa (15/10).

Kepala Kerjasama dan Humas Kemdikbudristek, Yayat Hendayana, S.S., M.Si menekankan pentingnya dukungan terhadap inisiatif perguruan tinggi dalam memperluas kemitraan internasional.

“Kami mendukung perguruan tinggi negeri dalam menjalin kemitraan dengan luar negeri. Saat ini, banyak kampus fokus pada mitra dari negara-negara Barat, namun langkah Unnes yang menjalin kerja sama dengan negara-negara Asia Timur, seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea, membuka peluang baru. Agar kolaborasi ini tidak hanya terbatas pada pertukaran mahasiswa, tetapi juga melibatkan organisasi, pemerintah, dan dunia industri. Hal ini akan memperkuat kualitas perguruan tinggi di Indonesia,” tegasnya.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network