Laga Timnas Indonesia U-17 vs Australia Tak Berjalan Semestinya, STY Bagaikan Dihantam Pukulan

Ramdani Bur
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Foto: REUTERS)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Laga Timnas Indonesia U-17 vs Australia U-17 di laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 sesuai yang diperkirakan Shin Tae-yong (STY).

Pertandingan kedua tim berjalan seperti kritikannya dua tahun lalu. STY pun bagaikan dihantam pukul pada laga Indonesia vs Australia tersebut

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-17 melawan Australia U-17 di matchday pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 di Stadion Abdullah Alkhalifah, Mishref, Kuwait pada Minggu 27 Oktober 2024 malam WIB.

Kedua tim masuk ke lapangan dengan hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke Piala Asia U-17 2025. Jika skor imbang ini terjadi, Australia U-17 lolos ke Piala Asia U-17 2025 sebagai juara Grup G, sedangkan Timnas Indonesia U-17 merebut status runner-up terbaik cukup dengan empat angka dan selisih gol +1.

Meski hanya butuh imbang, Australia U-17 bermain menyerang di awal laga. Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto mengistruksikan Evandra Florasta dan kawan-kawan untuk bermain bertahan.

Timnas Indonesia U-17 hanya beberapa kali melancarkan serangan balik cepat lewat Zahaby Gholy dan Mierza Firjatullah. Skor 0-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, kondisinya masih sama. Namun, semuanya berbeda ketika waktu menginjak menit 60. Sejak saat itu, pemain Timnas Australia U-17 lebih banyak melakukan passing di tengah lapangan.

Di sisi lain, pemain-pemain Timnas Indonesia U-17 juga enggan merebut bola. Mereka seakan sadar hasil imbang ini sudah cukup meloloskan mereka ke Piala Asia U-17 2025. Benar saja, skor 0-0 bertahan hingga laga usai, Australia U-17 dan Timnas Indonesia U-17 pun lolos ke Piala Asia U-17 2025.

Gaya permainan Timnas Australia U-17 dan Timnas Indonesia U-17 di 30 menit terakhir persis seperti yang dilakukan Timnas Thailand U-19 dan Vietnam U-19 di matchday pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022.

Setelah skor berubah 1-1 di menit 76, Thailand dan Vietnam seperti enggan melakukan serangan. Mereka sadar skor imbang sudah cukup membuat mereka lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, sekaligus menyingkirkan Timnas Indonesia U-19.

“Apakah ini benar Fair play yang sebenar-benarnya? Saya ingin tanya kepada para fans bola. Sangat mengecewakan sebagai pelatih kepala yang pekerjaannya sama,” kata Shin Tae-yong di akun Instagram miliknya, @shintaeyong7777 saat itu.
 

Editor : Ahmad Antoni

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network