Javid Basharat, Bintang Baru UFC dari Afghanistan, Bertarung untuk Hapus Stigma Teroris

Andryanto Wisnuwidoo
Laga debut Javid Basharat (kanan) di ring UFC pada akhir pekan lalu berbuah manis, dia berhasil menumbangkan Trevin Jones dengan skor meyakinkan 30-27, 30-27, 29-28.). Foto: Instagram

“Mereka tidak membuat salah satu dari itu, dia satu-satunya di planet ini. Sangat jarang memilikinya. Kami memiliki satu [pejuang Afghanistan] di Nasrat Haqparast, yang tampil hebat di UFC. Dia memilikinya dan saya sangat menginginkan milik saya. Itu akan menjadi barang langka dan harus disimpan,'' lanjutnya.

Bagi Javid Basharat, bendera Afghanistan sangat berarti dalam kariernya di MMA. Namun, perubahan kekuasaan seiring berkuasanya Taliban di Afghanistan membuatnya harus realistis.

"Saya tidak tahu, setiap kali saya memvisualisasikan ini, saya memikirkan ini dan membawa bendera saya. Tapi sayangnya, itu tidak berhasil dan UFC tidak mengakui bendera itu sebagai bendera resmi,'' ujarnya.

"Itulah apa adanya, itu memilukan. Tetapi pada saat yang sama, saya akan menjadi bendera berjalan dalam daging."

Basharat menjadi petarung ketiga dalam sejarah negaranya yang berkompetisi dalam promosi utama seni bela diri campuran.

Javid Basharat berusaha untuk mengikuti jejak rekan senegaranya Siyar Bahadurzada dan Nasrat Haqparast dan menjadi orang Afghanistan ketiga yang bersaing di oktagon.

Basharat sepenuhnya menyadari mercusuar harapan dia menjadi sebangsa dan sebangsanya kembali ke rumah.

"Kebanggaan dan kehormatan yang saya rasakan mewakili negara ini tidak dapat dipercaya. Dan salah satu alasan saya pergi ke pertarungan dengan keyakinan seperti itu adalah karena saya tahu dari mana saya berasal. Saya tahu dari mana saya berasal dan saya tahu untuk siapa saya berjuang. Saya ingin mengatakan itu memotivasi saya sedikit lebih banyak, tetapi saya tidak melihat pertarungan seperti itu.''

"Petarung harus termotivasi karena Anda akan terlibat perkelahian. Tetapi pada saat yang sama, itu menambah elemen. Saya tidak yakin apa itu, tapi itu sangat, sangat dalam dan sangat spiritual. Itu membuat saya merinding setiap kali saya memikirkannya."

Basharat datang ke Inggris sebagai pengungsi bersama ibu dan saudara laki-lakinya pada usia lima tahun, tiga tahun setelah ayahnya meninggalkan rumah mereka yang dilanda perang untuk menempatkan keluarga di jalan menuju kehidupan yang lebih baik. Dan bagi Basharat - yang mendapatkan kontrak UFC pada musim terakhir Dana White Oktober lalu - mewakili Inggris juga merupakan sumber kebanggaan.

Mantan pemain London Shootfighters yang menonjol mengatakan: "Saya memiliki keterikatan dengan Inggris juga, tetapi Afghanistan adalah tempat asal saya. Dari situlah darah saya berasal."

Editor : Sulhanudin Attar

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network