Ujung-ujungnya Jadi Milyuner, Lulusan SMA ini Dulunya Kerja Kuli 

IDXChannel
Sempat jadi kuli, sebelum Bob Sadino bisnisnya berkembang pesat dan sukses. (foto: MNC Media)

Tentu saja jabatan ini adalah jabatan yang tergolong sebagai pegawai negeri pada masa Hindia-Belanda. Meski memiliki kehidupan yang lebih berkecukupan dibanding teman-temannya, Bob Sadino kecil tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan kompeten. 

Tak hanya mandiri, Bob juga dikenal sebagai orang yang ramah dan bersahaja. Hal inilah yang lantas membuatnya menjadi sosok yang banyak digandrungi pengusaha muda yang tengah merintis usahanya. Kisah inspiratif Bob Sadino bahkan selalu dicari oleh para pelaku usaha.

Seperti diketahui, Bob Sadino memang salah satu pengusaha sukses yang memiliki gaya yang nyentrik. Alih-alih tampil dengan setelan jas dan dasi seperti pengusaha sukses lainnya, Bob justru lebih senang memakai kemeja pendek dan celana pendek. 

Tidak disangka bahwa Bob akan sesukses ini. Jika kesuksesan seseorang ditentukan dari kualifikasi pendidikannya, maka Bob Sadino barangkali tidak akan masuk ke dalam daftarnya. Meski berasal dari keluarga yang mampu, namun Bob justru hanya seorang lulusan SMA. 

Salah satu kisah inspiratif Bob Sadino adalah idealisme yang dimilikinya. Selepas SMA, Bob memang memilih untuk tidak melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Ia memiliki idealisme yang unik dan out of the box. Jika banyak orang berpikir bahwa semakin tinggi sekolah ia akan semakin sukses. Bob justru berpikir bahwa semakin “Semakin seorang belajar, otak mereka akan semakin penuh”. 

Inilah alasan mengapa Bob lebih memilih untuk tidak berkuliah. Meski demikian, ia sama sekali tidak meremehkan proses sebuah belajar di lembaga pendidikan. Ia hanya memiliki caranya sendiri dalam belajar meski tidak di bangku kuliahan.  

1. Bekerja sebagai Karyawan Unilever

Bob Sadino sempat bekerja sebagai karyawan Unilever pada tahun 1955. Usai lulus SMA, Bob Sadino sempat berkuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Ia hanya bertahan beberapa bulan di bangku kuliah. Ia lantas keluar dan bekerja sebagai karyawan di salah satu perusahaan besar Unilever selama beberapa tahun. Tak berhenti sampai di sana, ia lantas memutuskan untuk bekerja di luar negeri. 

Editor : Miftahul Arief

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network