Ujung-ujungnya Jadi Milyuner, Lulusan SMA ini Dulunya Kerja Kuli 

IDXChannel
Sempat jadi kuli, sebelum Bob Sadino bisnisnya berkembang pesat dan sukses. (foto: MNC Media)

5. Usaha Telur Ayam Negeri dan Sayuran

Bukan Bob Sadino kalau berputus asa akan kegagalan. Kegagalan pada bisnis pertamanya membuatnya tetap bangkit dan mencoba usaha demi usaha lainnya. Ia kemudian membuka usaha telur ayam negeri dan sayuran berkat saran dari rekannya yang bernama Sri Mulyono Herlambang. 

Temannya merupakan pensiunan Jenderal Angkatan Darat sekaligus perintis usaha ayam ras. Ia pun akhirnya menjalankan usaha telur ayam negeri sesuai arahan temannya tersebut. 

Dari keuletan dan kerja kerasnya dalam mencari berbagai referensi tentang peternakan ayam negeri, Bob meraih keberhasilan yang cukup lumayan di bisnis telur ayam negeri. 

Bob lantas mengembangkan bisnisnya dengan merambah ke sayuran. Ia memperkenalkan sayuran seperti jagung manis, melon, dan brokoli yang pada masa itu belum banyak tersedia di Indonesia. Ketekunan dan kerja kerasnya pun berbuah manis. Usaha sayuran ini pun berhasil. 

6. Membuka Supermarket Kem Chicks

Puncak keberhasilannya adalah supermarket Kem Chicks. Keberhasilan usaha telur ayam negeri dan sayurannya membuat Bob Sadino berpikir untuk membuka supermarket sendiri untuk menjual produknya sendiri. Ia pun mendirikan supermarket Kem Chicks pada tahun 1970. Supermarket ini berada di Kemang, Jakarta Selatan. 

Tak hanya menjual produknya sendiri, Bob juga menjual beraneka produk impor di supermarket miliknya.

7. Membuat Perusahaan KemFood

Setelah Kem Chicks meraih kesuksesan, Bob terus mengembangkan bisnisnya dengan mendirikan perusahaan KemFood yang memproduksi  aneka daging olahan. Produk dari Kemfood antara lain burger, bakso, nugget, dan berbagai jenis olahan daging lainnya. 

Menemukan jalan yang cemerlang, perusahaan Bob Sadino bahkan berhasil memiliki rata-rata penjualan berkisar 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan 100 ton sayur per tahun secara konsisten.

Itulah kisah inspiratif Bob Sadino yang sukses merintis bisnisnya hingga berkembang pesat dan sukses. Meski kini ia telah tiada, namun namanya masih banyak dicari terutama bagi para wirausahawan yang membutuhkan inspirasi dan motivasi dari perjalanan hidup sang legenda bisnis ini. Sangat menginspirasi, ya?

Editor : Miftahul Arief

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network