get app
inews
Aa Read Next : Kisah Raden Pabelan Terima Tantangan Ayahnya untuk Meniduri Putri Cantik Raja Pajang

Bikin Merinding, Kisah Mistik di Balik Kedung Maya Sungai Bengawan Solo yang Dikeramatkan

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:03 WIB
header img
Sungai Bengawan Solo yang mengalir di 17 kabupaten dan kota dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur menyimpan banyak misteri. Foto: dok. Okezone

SUNGAI Bengawan Solo menyimpan banyak misteri. Ada beberapa tempat dikeramatkan yang konon ada di sungai yang mengalir di 17 kabupaten dan kota dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Cerita misteri Bengawan Solo yang bikin merinding, salah satunya Kedung Maya yang berada di utara Ngawi.

Oleh warga setempat lokasi itu dinamakan Kerek. Dinamakan demikian karena apabila ada perahu datang konon dikerek atau dituntun.

Menariknya di daerah Kerek ada kedung yang dianggap keramat. Kedung keramat itu Kedung Maya namanya, sebagaimana dikutip dari "Bunga Rampai Sejarah Bojonegoro" yang ditulis R Soeparmo.

Banyak perahu yang konon mendapat kesulitan karena berada di tikungan dan arus airnya cukup deras.

Konon, di dalam kedung ada seorang putri yang tenggelam bernama Dewi Maya. Dia merupakan putri dari salah satu pejabat setempat bernama Ki Ageng Kuwung di masa Kerajaan Pajang.

Pada suatu hari sang penguasa wilayah itu tengah berjalan-jalan di Kuwung yang berbatasan langsung dengan Sungai Bengawan Solo. Tiba-tiba ia mengetahui ada seorang anak yang terseret arus dan tersangkut di sebuah pepohonan.

Dia lantas segera memberi pertolongan. Anak itu lantas diangkat menjadi anak dan diberi nama Djaka Sangsang, yang notabene merupakan anak dari seorang janda di Jambe yang sangat cantik.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut