get app
inews
Aa Read Next : Bawa Pesan Presiden Ukraina, Jokowi Lanjutkan Lawatan ke Rusia

Presiden Zelenskyy Sebut Jokowi Pemimpin Asia Pertama Kunjungi Ukraina Sejak Dilanda Konflik

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:07 WIB
header img
Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Volodymyr Zelensky berlangsung di Istana Maryinsky pada Rabu (29/6/2022) sore waktu setempat. Foto: BPMI Setpres

JAKARTA, iNewsSemarang.idPresiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengapresiasi kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke negaranya. Menurutnya, kunjungan Presiden Jokowi ini merupakan kali pertama pemimpin negara Asia ke Ukraina sejak pecah konflik dengan Rusia.

“Terima kasih atas kehadiran Presiden Jokowi yang merupakan kunjungan pertama pemimpin Asia sejak invasi melanda Ukraina. Saya juga mengundang kalangan usaha Indonesia untuk berpartisipasi dalam rekonstruksi Ukraina pascaperang,” ungkap Zelenskyy saat menerima kunjungan Presiden RI Jokowi di Istana Maryinsky, Rabu (29/6/2022), sebagaimana dilanir setkab.go.id.

Diberitakan, Presiden Jokowi melakukan lawatan ke Ukraina pada Rabu (29/6/2022). Dalam lawatannya itu, Jokowi mengadakan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky pada Rabu sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat, 29 Juni 2022.  

Sebelumnya, Jokowi dan Iriana beserta rombongan terbatas tiba di Kyiv, Ukraina, pada pukul 08.50 waktu setempat.

Sejam kemudian, Jokowi dan Iriana melakukan kunjungan di Kota Irpin, sekitar 30 kilometer dari Kyiv, dan meninjau reruntuhan gedung-gedung yang terdampak perang.

Jokowi dan istrinya juga secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di rumah sakit yang berada di pusat kota Kyiv tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi kembali menyampaikan undangan secara langsung kepada Presiden Zelenskyy untuk berpartisipasi dalam KTT G20 yang akan diselenggarakan bulan November tahun ini di Bali. Presiden Jokowi juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkokoh kerja sama bilateral dengan Ukraina.

“Tahun ini adalah 30 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus memperkuat kerja sama yang lebih baik,” tandasnya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut