get app
inews
Aa Read Next : 128 CPNS Kemenkumham Jateng Digembleng Kopassus

Balas Ancaman China, Taiwan Gelar Simulasi Perang di Laut dan Udara

Rabu, 27 Juli 2022 | 01:31 WIB
header img
Militer Taiwan menggelar latihan militer dan simulasi perang mengantisipasi serangan China. Foto Reuters/iNews

SUAO, iNewsSemarang.id - Taiwan menggelar latihan militer dengan menggunakan peralatan perang super canggih. Latihan militer Taiwan lengkap dengan simulasi perang di darat, laut dan udara selama 5 hari ini juga melibatkan warga sipil.

Serangkaian latihan perang ini sebagai antisipasi menghadapi ancaman serangan China.

Presiden Taiwan, Tsai Ing Wen yang menyaksikan langsung latihan perang militernya, Selasa (26/7/2022), memberikan pujian atas kesiapan pasukannya. Presiden Tsai memuji peran militer dalam mempertahankan wilayah, baik di laut maupun udara.

"Latihan luar biasa barusan menunjukkan kemampuan dan tekad tentara Republik China (nama resmi Taiwan) untuk membela negara. Mari kita bersama-sama terus menjaga tanah air. Kerja bagus," kata Tsai, kepada para tentara.

Presiden Taiwan Tsai Ing Wen menyaksikan langsung latihan ini dari atas kapal perang Angkatan Laut Taiwan.

Sebelumnya penduduk di berbagai kota dilibatkan dalam simulasi serangan rudal, namun dalam latihan kali ini giliran kapal perang dan jet-jet tempur yang unjuk kemampuan.

Sejak 6 tahun atau dua kali menjabat presiden ini adalah kali kedua Tsai mengawasi langsung latihan dari atas kapal.

Tsai memantau dari kapal perusak kelas Kidd AS yang telah dinonaktifkan di perairan Kota Suao. Dia mengenakan pakaian kamuflase dan menyapa para pasukan.

"Latihan luar biasa barusan menunjukkan kemampuan dan tekad tentara Republik China (nama resmi Taiwan) untuk membela negara. Mari kita bersama-sama terus menjaga tanah air. Kerja bagus," kata Tsai, kepada para tentara.

Latihan tahun bernama "Han Kuang" itu mensimulasikan pencegatan terhadap pasukan musuh yang berusaha memasuki wilayah.

Sebanyak 20 kapal perang, termasuk fregat dan kapal perusak, dilibatkan. Mereka menembakkan peluru untuk mencegat dan menyerang musuh di lepas pantai timur laut Taiwan. Di saat bersamaan, jet-jet tempur F-16 dan Ching-kuo buatan dalam negeri dikerahkan untuk melakukan serangan udara.

Latihan selama 5 hari tersebut berlangsung di tengah meningkatnya kekhawatiran upaya China menyerang Taiwan. Pada Senin kemarin, China memperingatkan para pejabat Amerika Serikat (AS) bahwa negaranya akan menggunakan kekuatan militer jika Ketua DPR Nancy Pelosi berkunjung ke wilayah itu.

China menganggap Taiwan sebagai bagian provinsinya dan tak segan-segan akan menggunakan kekerasan untuk merebutnya kembali. Sementara itu Taiwan menolak klaim kedaulatan China dan bersumpah akan mempertahankan sistem demokrasi.

AS tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan, namun UU negara itu mengamanatkan untuk membantu wilayah itu mempertahankan diri dengan berbagai sarana, termasuk persenjataan.

Selain simulasi serangan udara dan serangan terhadap penysup musuh, latihan tahun ini juga mensimulasikan pertempuran kota yang dilakukan pasukan cadangan serta pengiriman jet tempur ke bunker di pegunungan daerah terpencil pantai timur guna menahan serangan rudal China.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut