get app
inews
Aa Read Next : Ke Mana Langkah Politik Mahfud MD Usai Kalah di Pilpres 2024?

Resmi Berkoalisi, Pengamat Sebut Prabowo-Cak Imin Figur Potensial Capres-Cawapres 2024

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:16 WIB
header img
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bersalaman di Gedung KPU usai mendaftarkan partainya masing-masing sebagai calon peserta Pemilu 2024 di Jakarta, Senin (8/8/2022). Foto : Antara

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA) Fadhli Harahab memberikan tanggapan mengenai figur dan tokoh yang memiliki peluang dan potensi diusung untuk maju Pilpres 2022 mendatang. Berpotensi besar diusung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Fadhil mengatakan, terdapat dua sosok yang berasal dari pimpinan dua partai besar, yaitu Prabowo Subianto dan Abdul Muhaimin Iskandar. Pimpinan Partai Gerindra dan Pimpinan Partai Kebangkitan Bangsa tersebut dinilai akan menjadi figur yang paling berpotensi diusung oleh Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. 

"Mengamati dinamika saat ini potensi terbesarnya untuk diusung koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, Prabowo-Cak Imin. Alasannya, kedua tokoh merupakan ketua umum parpol masing-masing," kata Fadhli Harahab saat diwawancarai media, Minggu (14/8/2022).

Lebih lanjut fadhil mengatakan bahwa, tingginya elektabilitas prabowo usai tersemat nama Menteri Pertahanan membuatnya kerap masuk ke dalam survei daftar nama potensial menjadi calon presiden. Koalisi akan menjadi penunjang tambahan bagi elektabilitas Prabowo

Selain itu, figur Prabowo yang dekat dengan kyai dan pondok pesantren juga turut menjadi faktor penunjang, hal tersebut lantaran mayoritas pendukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah warga nadhiyin yang notabenenya berasal dari para kyai dan santri atau pondok pesantren

Diketahui kedua pimpinan Partai tersebut telah secara resmi menandatangani piagam kerja sama untuk kontestasi Pilpres 2024. Piagam kerja sama politik kedua partai itu diteken di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). 

Pada kesempatan tersebut prabowo menyampaikan bahwa Gerindra dan PKB membuka partai lainnya untuk bekerja sama. Sebab baginya, semua partai di Indonesia adalah anak bangsa yang cinta dengan Tanah Air.

"Kita ingin kumpulkan putra-putri terbaik bangsa Indonesia apa pun sukunya, rasnya kelompok etnisnya, agamanya asal cinta bangsa negara, cinta NKRI," ujarnya. 

Prabowo juga menyampaikan bahwa tujuan dari adanya Koalisi tersebut adalah untuk memberikan kepastian dan kesejukan bagi rakyat.

"Kita bangun kerja sama politik. Kita ingin merangkul semua pihak. Kita ingin memberi kepastian dan kesejukan bagi rakyat Indonesia," ujar Prabowo dalam pidatonya, Sabtu (13/8/2022). Mg - Fariz

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut