get app
inews
Aa Read Next : 10 Contoh Teks Prosedur Sederhana, beserta Penjelasan Strukturnya

Kumpulan Contoh Teks Prosedur Singkat Beserta Strukturnya

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 02:05 WIB
header img
Contoh teks prosedur kompleks. Ilustrasi iNewsSemarang.id

Dalam artikel ini akan diulas beberapa contoh teks prosedur singkat lengkap dengan strukturnya. Hal ini akan membantumu memahami teks prosedur secara lebih mudah.

Sebagaimana diketahui, teks prosedur adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan tahapan-tahapan atau cara membuat atau melakukan suatu hal.

Tujuan teks prosedur adalah untuk membantu seseorang memahami bagaimana cara melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat.

Untuk lebih memahami tentang teks prosedur, simak penjelasan iNews.id berikut ini tentang struktur dan contoh teks prosedur singkat.

Contoh Teks Prosedur Singkat

Sebelum membahas tentang teks prosedur singkat, kamu harus mengetahui tentang struktur dan langkah-langkah penulisan teks ini terlebih dahulu.

Struktur teks prosedur ini terdiri atas:

Judul

Nama dari aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya, Cara Memasak Mi Instan, Cara Menghidupkan Komputer, dan lain sebagainya.

Tujuan

Pada bagian ini disebutkan apa yang hendak dibuat atau dilakukan. Gunakan pilihan kata-kata yang dapat menarik perhatian dan hindari ungkapan negatif.

Bahan atau alat

Umumnya bahan atau alat terdapat dalam teks prosedur yang membahas tentang pembuatan sebuah hal.

Langkah

Ini merupakan hal yang paling utama di dalam sebuah teks prosedur. Bagian ini berisi tahapan, urutan kronologis, maupun panduan yang disusun secara runtut.

Kemudian ditulis dalam bentuk uraian paragraf atau penomoran. Selain itu, langkah teks prosedur menggunakan kata penghubung (waktu, tujuan, urutan) dan juga kalimat perintah (saran atau larangan).

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut