get app
inews
Aa Read Next : Viral Pemudik Bawa Kucing Ditaruh di Atas Mobil, Tuai Kecaman Cat Lovers

Kucing Binatang Istimewa, Begini Teladan Nabi Muhammad Memperlakukan Hewan Piaraan

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 23:48 WIB
header img

 

Nabi Muhammad SAW tidak hanya menjadi teladan bagi kehidupan manusia, agar selamat dunia akhirat. Rasulullah juga menjadi contoh bagaimana memperlakukan hewan piaraan. Nabi semasa hidup memiliki piaraan seekor kucing dan diperlakukan sangat istimewa.

Prof Dr Sukron Kamil dalam bukunya berjudul "Etika Islam: Kajian Etika Sosial dan Lingkungan Hidup" menceritakan Nabi Muhammad SAW sangat memuliakan kucingnya.

Kucing Rasul dinamai  Mueeza . Nabi Muhammad memang selalu memberi nama semua yang menjadi milik pribadinya, sekalipun benda tak bernyawa (nonhayati).

Pemberian nama atas benda-benada yang dilakukan Nabi itu menunjukkan adanya persahabatan/kasih sayang/hubungan batin antara Nabi dan benda-benda miliknya.

“Karena itu, kasih sayang Nabi atas makhluk lain, hayati dan nonhayati, tidak diragukan,” tulis Sukron Kamil.

Terkait Muueza, Sukron Kamil menyebut, persahabatan Nabi dan hewan bisa dilihat dari hubungan Nabi dengan kucing kesayangannya itu. Suatu kali, saat Nabi hendak mengambil jubahnya, menemukan Mueeza sedang terlelap tidur di atas jubah.

Tak ingin mengganggu kucing itu, Nabi memotong belahan lengan yang ditiduri Mueeza. Ketika Nabi kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada Nabi.

Sebagai balasan, Nabi mengekspresikan kasih sayangnya kepada kucing itu dengan mengelus lembut badan kucing yang mungil. Dalam aktivitas lainnya, hampir setiap kali menerima tamu di rumahnya, Nabi menggendong Mueeza. Mueeza kemudian ditaruh di pahanya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut