get app
inews
Aa Read Next : Kiprah Pak Umar, Kepala Sekolah 3 SMP Negeri di Semarang yang Dikenal Disiplin dan Humanis

Kiprah Lapas Terbuka Kendal Dibeberkan saat Penyusunan RDTR

Selasa, 20 September 2022 | 21:25 WIB
header img
Acara diskusi konsultasi publik penyusunan RDTR di Hotel Sae Inn.(istimewa)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Kiprah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kendal kepada masyarakat dibeberkan dalam kegiatan Diskusi Konsultasi Publik I Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Patebon, di hotel Saeinn Kendal, Senin (19/9/2022). Lapas Terbuka Kendal secara infrastruktur yang geografis dan sosiologisnya berada diantara tiga desa selalu melibatkan masyarakat sekitar dalam proses berkegiatan.

Mewakili Kepala Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal, Ghina Soekarna selaku Kasubbag Tata Usaha menyampaikan, Lapas Terbuka Kendal secara geografis dan sosiologis berada di bagian utara Kabupatan Kendal kurang lebih hanya berjarak 2-3 km dari garis pantai utara. Sedangkan secara sosiologis berada diantara tiga desa di wilayah Kecamatan Patebon, yaitu Wonosari, Bangunsari dan Kartikajaya.

"Lapas Minimum Security yang melaksanakan kegiatan pembinaan produktif terhadap WBP di bidang Industri Agriculture, yakni pertanian, perikanan, dan peternakan, merupakan salah satu dari lima Lapas Terbuka di Indonesia yang memiliki typical lapas terbuka produktif/industri," kata Ghina Soekarna.

Warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Terbuka, biasa disebut pekerja, karena WBP mengerjakan pekerjaan produktif dibawah bimbingan petugas Lapas yang bekerja sama dengan lintas sektoral.

Strategisnya peran Lapas Terbuka Kendal membuktikan bahwa Lapas Terbuka Kendal sebagai institusi teknis di bidang pemasyarakatan, tidak bisa dipisahkan kiprahnya secara kausalitas dari partisipasi sosial masyarakat sekitarnya. Sehingga peran dan kiprah Lapas Terbuka Kendal menjadi penting bagi Dinas PUPR Kabupaten Kendal untuk menjadi dasar pertimbangan dalam Penyusunan RDTR Kabupaten Kendal.

"Kiprah Lapas Terbuka Kendal tersebut bak tabir tersingkap yang selama ini tertutup. Sehingga dengan dibukanya peran lapas terbuka, bisa menjadi dasar pertimbangan dinas terkait dalam Penyusunan RDTR," ujarnya.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut