MNC Portal Beri Penghargaan kepada 7 Kepala Daerah Inovatif, Ini Daftarnya

Angga Rosa
.
Jum'at, 23 September 2022 | 09:20 WIB
Sejumlah kepala daerah yang menerima penghargaan KDI 2022. Foto : MPI

SEMARANG,iNewsSemarang.id- MNC Portal Indonesia (MPI) kembali memberikan penghargaan kepada sejumlah kepala daerah inovatif (KDI) 2022 di Indonesia. Bertempat di kompleks Sam Poo Kong Semarang, tahun ini ada 7 kepala daerah yang mendapatkan penghargaan tersebut dengan berbagai terobosan yang dilakukan.  

Para kepala daerah yang anugerah tersebut dinilai berhasil dalam membangun daerah dengan melakukan sejumlah inovasi dalam berbagai bidang. Mulai dari pelayanan publik, kategori ekonomi, pariwisata, dan administrasi kependudukan.

Di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; Gubernur Kalimantan UtaraZainal Arifin Paliwang. Mereka mendapat anugerah KDI 2022 kategori pelayanan publik.

Kemudian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran yang mendapat anugerahkategori ekonomi.

Adapun peraih anugerah  kategori pariwisata yaitu Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Penghargaan kategori pelayanan publik diberikan kepada Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang dengan inovasi Sipelanduk Kilat Smart.

Selain itu, Pemprov Kalimantan Utara juga menyediakan layanan terpadu yang bekerjasama dengan Pengadilan Agama serta Kemenag untuk mendapatkan informasi mengenai sidang Isbat, penerbitan buku nikah dan berbagai dokumen lainnya.

Melalui inovasi ini, masyarakat pedalaman bisa mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan dengan lebih efektif, efisien dan bebas pungli.

Sedangkan inovasi yang dibuat Pemprov Kalimantan Tengah yang nahkodai Gubernur Sugianto Sabran yakni peluncuran e-commerce  Tokokaltengberkah.com, hasil kerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah.

Hingga saat ini, tercatat lebih dari 300 perajin, pelaku usaha kecil dan menengah serta UMKM telah masuk dalam binaan Dekranasda. Inovasi ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk mendorong pelaku UKM agar bisa memperluas jaringan pemasaran secara online, baik dalam skala lokal, nasional hingga internasional.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini