get app
inews
Aa Read Next : Awalnya Sempat Ditolak Warga, Kini Omset Pantai Indah Kemangi Capai Rp1 Miliar Per Tahun

Berawal dari Hobi Pelihara Perkutut, Kini Jadi Cuan Beromset Jutaan Rupiah

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 15:38 WIB
header img
Lulut Nugroho saat mengecek kandang burung Perkutut yang diternaknya.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Hobi memelihara burung Perkutut, berubah menjadi sebuah ladang berwirausaha yang memiliki omset jutaan rupiah dalam setiap bulannya. Hobi ini dilakoni Lulut Nugroho warga Gang Alpokat II RT 11 RW 3 Kelurahan Kebondalem Kecamatan Kendal Kota.

Hobi ini awalnya ditekuni Lulut saat baru menikah hingga kini berjalan sekitar 9 tahun dan telah memiliki 2 anak yang sudah duduk di bangku kelas 3 SD dan TK.

"Saat itu sekitar tahun 2013 saya beli Perkutut lokal warna putih. Dari situlah, karena suka akhirnya ketagihan beli dan memelihara lebih banyak lagi," terang Lulut Nugroho, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (1/10/2022).

Dirinya mengaku tak menyangka dari hobi yang digemari akhirnya bisa menghasilkan omset jutaan rupiah dalam setiap bulannya. Burung-burung yang dipelihara banyak dilirik oleh pecinta Perkutut yang mayoritas berasal dari luar kota untuk dibeli.

Dari burung yang awalnya hanya sepasang, kini burung Perkutut peliharaan Lulut sudah mencapai 40 pasang atau 80 ekor dan dipelihara dalam dua tempat. Diantaranya di dibelakang rumahnya yang berada di Gang Alpokat I sejumlah 14 kandang dan yang lainnya di Gang Alpokat II. Burung-burung itu dipelihara dalam kandang teralis berukuran panjang 1 meter, lebar 1 meter dan tinggi 2 meter.

Sejak pertama beternak burung Perkutut, Lulut yang merupakan anggota Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) Jawa Tengah, telah mendaftarkan usahanya beternak ke P3SI Jateng. Ternak Perkutut miliknya diberi nama Zahira Bird Farm.

Kecintaannya memelihara binatang ini berhasil menghasilkan cuan atau penghasilan lantaran dari 40 pasang burung perkutut dalam setiap bulannya mampu menelurkan sekitar 10 ekor bayi Perkukut.

"Total sejak 2014 sudah ada sekitar 400 ekor burung Perkutut yang terjual. Harganya bervariasi, mulai Rp500 ribu hingga Rp3,5 juta per ekornya. Pernah satu pasang laku Rp7,5 juta," jelasnya.

Dengan banyaknya pecinta Perkutut yang melirik burung yang diternaknya ini, omset penjualan dalam setiap bulannya kini berada di kisaran Rp5 juta. Omset penjualan sempat meroket hingga dua kali lipat saat terjadinya pandemi Covid-19.

Masyarakat yang kurang bebas beraktivitas karena adanya pembatasan membutuhkan hiburan saat harus work form home (WFH) atau bekerja dari rumah. Masyarakat banyak yang tertarik membeli Perkutut sebagai peliharaan dan hiburan di rumah.

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut