get app
inews
Aa Read Next : Daftar 5 PO Bus yang Pemiliknya Mantan Sopir dan Kondektur, Nomor 4 Jual Angkot Beli Armada

Kisah Sukses Soediro Atmo Prawiro, Anak Petani Pendiri PO Sindoro Satriamas

Minggu, 13 November 2022 | 22:16 WIB
header img
Salah satu armada PO Sindoro Satriamas. Foto : Instagram

JAKARTA, iNewsSemarang.id – PO Sindoro Satriamas adalah salah satu brand besar bus pariwsata di Kota Semarang. Pemilik PO Sindoro Satriamas adalah Soediro Atmo Prawiro, yang tinggal di Bulu Lor Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang.

Soediro Atmo Prawiro mengawali usaha mulai dari nol saat merantau ke Semarang untuk memperbaiki ekonomi keluarga. Hingga akhirnya sukses dengan memiliki banyak armada VVIP dengan ciri khas warna merah.

Berdasarkan kisah yang diangkat dalam kanal YouTube Mas Tompel Transportation, Soediro Atmo Prawiro adalah anak seorang petani asal Banyumas, Jawa Tengah.

Pria kelahiran 1948 itu memberanikan diri untuk mengadu nasib ke Semarang untuk memperbaiki kehidupan keluarga. Ternyata usahanya berkembang pesat. Namun, kisah sukses ini tidak datang begit saja. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya dia berhasil membangun sejumlah usaha.

Pada awal berdirinya, Sindoro Satriamas merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyewaan dump truck dan trailer. Seiring berjalannya waktu, Soediro membuka penyewaan bus pariwisata melayani perjalanan ke seluruh Indonesia.

Bisnis tersebut dijalankan pada 1995, dengan mengedepankan pelayanan terbaik di kelasnya serta didukung kru atau helper yang profesional, menjadikan bus Sindoro Satriamas menjadi pilihan utama masyarakat untuk berwisata.

Berkembangnya bisnis tersebut, Sindoro Satriamas akhirnya membuka jasa AKAP pada 2005. Pada awalnya, mereka mengambil trayek Wonogiri menuju Jakarta dan Tangerang.

Saat ini, PO Sindoro Satriamas telah melayani berbagai tujuan dari Jabodetabek hingga ke berbagai wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. PO ini hanya memiliki satu kelas, yakni VIP yang fasilitasnya AC dengan konfigurasi kursi 2-2, selimut, snack, dan servis makan.

Di tempat tinggalnya, Pak Diro dikenal sebagai sosok yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Sejumlah pemuda satu kampung kabarnya pernah diberi sepeda secara cuma-cuma.  Bahkan, dulu sering menanggap Yati Pesek, dan Marwoto, sebagai sarana hiburan warga.  

Selain memiliki jasa transportasi, Soedarmo juga pernah terjun ke dunia politik dan berbagai organisasi dengan menjabat sebagai ketua KONI Jateng periode 2008-2012. Bahkan, dia pernah mencalonkan diri sebagai Wali Kota Semarang bersama Ahmad Musyafir pada tahun 2005.

Soediro saat itu tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Jawa Tengah dengan total kekayaan sebesar Rp49 miliar tercatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN) pada 2005.

Sekarang, PO Sindoro Satriamas dikelola oleh generasi kedua, yakni Dede Indra Permana, yang merupakan anak dari Soedarmo. Pria ini juga pernah menjabat sebagai ketua BPD Hipmi Jawa Tengah dan saat ini menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan.

PO Sindoro Satriamas pernah menjadi partner official PSIS Semarang dan PSIP Pemalang pada 2017.

PO bus Sindoro Satriamas juga menghadirkan beberapa macam jenis-jenis bodi bus buatan karoseri besar Indonesia, demi memberikan pelayanan yang terbaik. Mereka juga menggunakan berbagai sasis terkenal, baik dari Eropa maupun Jepang. (mg arif)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut